SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH

BERDAYAKAN PETANI TEBU, KOMISI B SIDAK KE PT.KTM

Komisi B DPRD Kabupaten Lamongan yang dipimpin oleh Syaifudin Zuhri melakukan sidak ke PT. KTM Ngimbang. Sidak diterima oleh Agus Santoso selaku Direktur Operasional PT. Kebun Tebu Mas Ngimbang.

Sidak yang di lakukan untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan petani tebu untuk meningkatkan  produktifitas, ujar Syaifudin Zuhri.

Dari hasil sidak tersebut  Agus Santoso menjelaskan Kapasitas  pabrik 12.000 TCD sedangkan Kapasitas pasokan bahan baku tebu 6000 TCD  sehingga PT. KTM saat ini melakukan perluasan lahan disekitar Lamongan, Bojonegoro, Tuban, Gresik dan Sekitarnya. Untuk perluasan dan pengembangan lahan dengan cara  Membantu memfasilitasi pinjaman modal untuk usaha budidaya Tebu bagi petani melalui perbankan. Dan adanya bantuan benih kepada petani mitra

Untuk pembibitan dengan cara pembangunan benih sumber di pembibitan PG PT. KTM-Mantup , Kerjasama operasional KBD Jasa dengan petani mitra PG PT. KTM, Pengadaan benih kerjasama dengan balai benih/balittas Malang dan P3GI, dan bekerjasama dengan penangkar benih swasta lokal dan luar daerah (Lampung, Kendari, Muktiharjo,).

Perluasan dan pengembangan lahan PT.KTM diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan bagi petani tebu, dengan adanya perluasan lahan diharapkan tebu hasil petani dapat diserap secara maksimal. Ujar Nur Kholiq Sekretaris Komisi B DPRD Kabupaten Lamongan.