SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH

TINGKATKAN PAD MELALUI POTENSI PARIWISATA

Potensi Pariwisata bisa memberikan pengaruh bagi perkembangan perekonomian. Dengan adanya tempat-tempat wisata di daerah sekitar Lamongan diharapkan dapat memberikan manfaat positif bagi perekonomian masyarakat dan  mampu untuk menambah PAD. Untuk itu Pemkab diharapkan terus berusaha mengembangangkan potensi pariwisata yang ada.

Komisi D DPRD Lamongan memahami betul peluang potensi tersebut. Untuk itu, Komisi D melakukan study banding ke Pemkot Makassar terkait pengembangan potensi pariwisata. Dalam kunjungan tersebut Komisi D diterima oleh Staf Ahli bidang Ekonomi Bpk. Drs. Abdul Azis Hasan, M.Si.

Pada kesempatan tersebut Pemkot Makassar jelaskan bahwa PAD dari sektor Pariwisata mencapai 211 M ( 70 M untuk hotel, 114 untuk Restoran, 27 M untuk hiburan). untuk memperkenalkan destinasi Wisata di Makasar, Pemkot  melakukan promosi secara rutin melalui berbagai macam event skala nasional maupun internasional yang dilakukan setiap bulan dan setiap tahun, Selain itu sekitar dibangunkan Central PKL di Karebosi dan Anjungan Losari untuk memperkenalkan makanan tradisional Masyarakat.

Komisi D berharap agar potensi Wisata di Kabupaten Lamongan bisa berkembang dan ada Inovasi terbaru sebagaimana yang dilakukan oleh Pemkot Makasar. Untuk mendukung semua itu, Dinas Pariwisata harus punya kemampuan kuat, SDM yang handal sehingga terus berinovasi dalam membangun potensi wisata sebagaimana dikota Makasar sehingga bisa memberikan PAD yang lebih besar. ” Kata Ali Makfudl, Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Lamongan.