SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH

ANTISIPASI KENAIKAN HARGA SEMBAKO, KOMISI B LAKUKAN SIDAK KE PASAR

Kenaikan harga bahan Pokok saat menjelang Lebaran seperti sudah menjadi hal yang lumrah di masyarakat, alasannya para pedagang biasanya kehabisan stok 3 hari sebelum lebaran. Tentu hal ini akan memberatkan masyarakat jika harga kebutuhan bahan pokok terus melonjak naik tanpa ada Kontrol dari Pemerintah Daerah. Untuk itu, Komisi B DPRD Lamongan terjun langsung ke beberapa Pasar di Kabupaten Lamongan kemarin (6/5/2017) siang memantau langsung harga kebutuhan bahan pokok masyarakat.

Dalam sidak yang dilakukan oleh Komisi B, beberapa harga bahan kebutuhan pokok sudah mulai naik di Pasar Sidoharjo diantaranya Bawang Merah dan Bawang Putih serta Tomat. Namun, di Pasar Sukodadi harga kebutuhan tersebut justru turun dari harga yang ada di Pasar Sidoharjo. Sebagai pembanding, harga Tomat di Pasar Sidoharjo 10 ribu per Kilo, sedangkan di Pasar Sukodadi hanya 7 ribu. Sedangkan cabe rawit, harga berkisar 40 ribu perkilo dan cabe besar 24-25 ribu perkilo, namun harga di pasar Sukodadi harga Cabe rawit hanya berkisar 24-30 ribu dan Cabe besar 16-18 ribu. Untuk bawang putih harga dipasar Sidoharjo berkisar 45 Ribu perkilo sedangkan dipasar Sukodadi hanya 35 ribu.

Dengan adanya kenaikan tersebut, Komisi B akan mengkoordinasikan dengan Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Lamongan. “Kami akan koordinasikan dengan Diskoperindag dan OPD terkait agar segera ada operasi Pasar murah untuk menekan lonjakan harga tersebut” Kata Ketua Komisi B Syaifudin Zuhri ketika selesai melakukan Sidaknya.