SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH

KOMISI D UPAYAKAN KESEJAHTERAAN TENAGA KERJA ASLI LAMONGAN

Demi kesejahteraan tenaga kerja asli Lamongan, Komisi D melakukan sidak ke pabrik gula PT. Kebun Tebu Mas (KTM), sENIN (12/2/2018). Diterima oleh direktur PT. KTM Agus Suyanto di ruang rapat.

Menurut Agus, karyawan PT. KTM sebanyak 830 orang. Tenaga tersebut terdiri dari pegawai tetap 661 orang dan tenaga musiman169 orang. “Jika ada proyek, kami menggunakan tenaga kerja musiman yang berasal dari daerah sekitar pabrik,” jelasnya.

Penyebaran penyerapan tenaga dari Lamongan sebesar 448 orang dengan presentase 59% dan dari luar Lamongan sebsar 342 orang dengan presentase 41%. Klasifikasi pendidikan tenaga kerja teridiri dari SMP sebesar 27 orang, SMA atau SMK 615 orang, D3 44 orang, S1 140 orang, dan S2 4 orang.

Komisi D mengapresiasi usaha PT. KTM dalam mensejahterakan karyawan. Perusahaan memberikan upah sesuai UMR Lamongan dan memberlakukan aturan sesuai peraturan yang berlaku. “Perusahaan juga memfasilitasi pegawai pada saat makan siang secara bergantian di kantin perusahaan,” ujar Darwoto, salah satu anggota Komisi D.