SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH

KOMISI C DPRD LAMONGAN, SELESAIKAN PERSOALAN BANJIR

Komisi C DPRD Lamongan merupakan komisi yang sering sidak langsung di Lapangan untuk mengontrol semua pembangunan dan persoalan banjir. Oleh sebab itu Komisi C DPRD Lamongan melakukan Kunjungan Kerja di Kantor Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo Surakarta, di terima oleh bapak Ir. Budi Sucahyono, M.Si selaku Kepala Bagian Umum, (21/02/2018).

Moh.Amir,SE menjelaskan bahwa  Kabupaten Lamongan sangat rentan terhadap banjir di 6 Kecamatan yaitu Kecamatan Deket,  Kecamatan Glagah, Kecamatan Karanggeneng, Kecamatan  Karangbinangun, Kecamatan Turi , Kecamatan Kalitengah. Dari pihak Balai Besar Wilayah Bengawan Solo,Surakarta memberikan usulan terhadap penanganan banjir dengan meningkatkan kapasitas tampungan kali Blawi dengan melakukan normalisasi di Kali Blawi. Dan Mengoptimalkan fungsi pintu pengendali banjir Sluice Kuro sebagai outlet dengan pola operasinya berdasarkan beda muka tinggi muka air dikali Blawi dan bengawan Solo (Jika Beda Tinggi muka air dikali Blawi dan Bengawan Solo minimal 40cm , maka pintu dapat dibuka untuk mengeluarkan air dari kali Blawi pada beda tinggi 20 cm pintu ditutup). Mengalirkan sebagian air dari kali Blawi ke kali caranya dengan muka air lebih rendah.

Pihak Komisi C DPRD Lamongan dan Pemerintah Daerah melakukan kerjasama dengan Realisasi Progress Pekerjaan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Waduk Gondang sudah mencapai 85,509 % jangka waktu pelaksanaan 29 Agustus 2016 – 31 Desemaber 2018. (vra)