SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH

PROGRAM E-PLANNING & E-BUDGETING DI KOTA MANADO

Komisi C DPRD Kabupaten Lamongan melakukan Kunjungan Kerja ke Pemerintah Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara terkait e-Planning dan e-Budgeting, Selasa (14/08). Dalam kunjungan tersebut diterima oleh Micler, SH.MM Asisten Pemerintah dan Kesra.

Micler Menjelaskan “ APBD kota Manado sebesar 1,8 Triliyun dan PAD 690 Milyar dengan jumlah penduduk 516.625 jiwa. Pemerintah kota Manado menyediakan berbagai wadah di media sosial untuk pengaduan masyarakat melalui C3 yaitu Cerda, Command, Center. Laporan yang masuk dalam Aplikasi tersebut yaitu mengenai kemacetan, sampah, bancana banjir, kebakaran, jalan rusak, pengemis, kaki lima liar, kriminal, lampujalan rusak, pohon tumbang, parkir liar, pelanggaran IMB, iklan tidak berizin, narkoba dan lakalantas “ Ujarnya

Lebih lanjut dijelaskan, Sejak didirikan C3, sampai saat ini tercatat sudah 1500 laporan yang masuk, pengaduan yang ada akan direkap dan dimasukkan ke group WA dimana Walikota dan Wakil Wali Kota juga ikut memantau.Untuk menyikapi kemungkinan penyimpangan dalam perencanaan dan penganggaran APBD, pemerintah Kota Manado dan DPRD Manado berkomitmen meminimalisirnya melalui e-Pokir. Setiap Anggota Dewan diberi pasword, sehingga bisa memasukkkan usulan yang disampaikan secara langsung.

Kunjungan kerja ini harapkan dapat membina silaturahmi dan mendapat ilmu yang baru untuk memajukan masyarakat Kabupaten Lamongan, Ujar Ujik Silvian Efendi politisi Fraksi Golkar.