Agustus

10

 2023

Rakor Penyusunan Indeks Kesalehan Sosial Tahun 2023

Berita 10 Agustus 2023

Rakor Penyusunan Indeks Kesalehan Sosial Tahun 2023

FKUB Lamongan bersama Bakesbangpol Lamongan menghadiri Rakor Penyusunan Indeks Kesalehan Sosial (IKS) Kabupaten Lamongan Tahun 2023 yang diselenggarakan di Ruang PPM Bappelitbangda pada Kamis (10/8).

Penyusunan IKS ini merupakan upaya perwujudan misi ke-4 Pemerintah Kabupaten Lamongan, yakni "mewujudkan kehidupan masyarakat yg sejahtera, religius-berbudaya,  aktif dalam pembangunan, serta lingkungan yang aman dan tentram".

Berdasarkan penuturan Andhika Muttaqin selaku Tim Survei, penilaian IKS didasarkan pada lima dimensi, yakni: kepedulian sosial; relasi antar manusia; etika dan budi pekerti; melestarikan lingkungan; dan patuh pada peraturan negara.

Penilaian tersebut rencananya akan dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dengan sampel yang didasarkan pada populasi agama di masing-masing kecamatan.

Selain itu, pihaknya juga meminta arahan FKUB agar penyebaran kuesioner bisa tepat sasaran.

Penilaian IKS ini penting untuk mengukur seberapa jauh pengaruh agama terhadap kesalehan di lingkungan sosial, mengingat masyarakat secara umum memberi perhatian tinggi atas kesalehan ritual. Padahal, fungsi agama itu menyempurnakan akhlak.

Dengan mengetahui nilai IKS, pemerintah dapat mengambil kebijakan untuk memperbaiki apa saja yang perlu dibenahi dan ditingkatkan guna menjaga kerukunan dan kekondusifan dari potensi konflik yang disebabkan perbedaan agama.

BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK

Jl. Lamongrejo No.92, Lamongan, Sidokumpul, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62214
Telepon: (0322)321706
E-mail: bakesbangpol@lamongankab.go.id
© 2024 Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Lamongan