DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL

Artikel Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil

Standart Pelayanan Pencatatan Sipil

STANDART PELAYANAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN LAMONGANB.  STANDART PELAYANAN PENCATATAN SIPILI.   STANDAR PELAYANAN PENERBITAN AKTA PERKAWINAN Komponen standar pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan (serrvice delivery) meliputi : 1.     Persyaratan Pelayanan        Syarat penerbitan akta perkawinan :Mengisi formulir F 2.01Surat keterangan telah terjadinya perkawinan dari pemuka agama / pendeta atau penghayat kepercayaan terhadap tuhan yang   maha esa Pas foto berwarna suami istri KK mempelai KTP-EL Memepelai Kutipan Akta perceraian atau kematian bagi janda atau duda Keterangan :> dokumen perjalanan / SKTT/KTP-el dan ijin dari negara atau perwakilan negaranya bagi WNA > Bagi yang mempelai berusia kurang dari 19 tahun melampirkan ijin kawin dari  pengadilan negeri 2.     Sistem mekanisme,dan prosedur        A. Prosedur pelayanan pencatatan kelahiran secara daring :Pemohon mengunduk aplikasi Dukcapil smart di playstore, registrasi akun dengan Nomor NIK dan KK, membuka menu perkawinan   mengisi form  di aplikasi mengungah persyaratan, mengecek berkala status / notifikasi ;Petugas membuka aplikasi dukcapil smart dan memverifikasi kebenaran data pemohonPetugas mengentri data pemohon kedalam aplikasi SIAK dan mengajukan sertifikasi tanda tangan elektronik Kasi perkawinan dan perceraian dan kabid pelayanan pencatatan sipil melakukan validasi data dan verifikasi sertifikasi     tanda tangan elektronik Kepala dinas melakukan sertifikasi tanda tangan elektronik Petugas mencetak register dan kutipan akta perkawinan Mempelai datang kedukcapil untuk mendatangani register akta perkawinan dan tanda terima dalam buku bantu perkawinan Petugas menyerahkan kutipan akta perkawinan kepada pemohon Menyimpan arsip        B. Prosedur Pelayanan Pencatatan Kelahiran secara Luring :Pemohon datang Unit pelayana dengan membawa persyaratan Petugas memverifikasi kebenaran data pemohon ;Petugas mengentri datapemohon kedalam aplikasi SIAK dan mengajukan sertifikasi tanda tangan elektronik ;Kasi perkawinan dan perceraian dan kabid pelayanan pencatatan sipil melakukan validasi data verifikasi sertifikasi    tanda tangan elektronik ;Kepala dinas melakukan sertifikasi tanda tangan elektronik ;Petugas mencetak register dan kutipan akta perkawinan Mempelai berdua mendatangani register akta perkawinan dan tanda terima dalam dalam buku bantu perkawinan Petugas menyerahkan kutipan akta perkawinan kepada pemohon ;Menyimpan arsip ;3.     Jangka waktu dan Pelayanan         Paling lambat 24 (Dua Puluh Empat) jam sejak syarat dinyatakan lengkap oleh             petugas, kecuali terdapat kendala teknis ; 4.     Biaya / tarif Tidak ada biaya / GRATIS 5.     Produk Pelayanan Akta Perkawinan6.     Penanganan, pengaduan, saran dan masukan Media langsung atau tatap muka di unit pengaduan; Kantor DISDUKCAPILMedia telepon dinas : (0322)321322Media Whatsapp Konsultasi dan Pengaduan : +62 811-3699-514Hotline Service : +62 812-1684-122Media Whatsapp Pelayanan : +62 811-3699-514Media Internet :Pengaduan ditujukan melalui:a. Facebook:https://www.facebook.com/dispendukpencapil.lamonganb. Website : https://lamongankab.go.id/disdukcapilc. email : disdukcapil@lamongankab.go.idII.   STANDAR PELAYANAN PENCATATAN PERISTIWA PENTING LAINYA         Komponen standar pelayananyang terkait dengan proses penyampaian pelayanan 1.     Persyaratan Pelayanan        Syarat Pelayanan Pencatatan Peristiwa  Penting LainyaMengisi formulir F 2.01salinan penetapan pengadilan kutipan akta pencatatan sipil KK dan KTP-EL pemohon 2.     Sistem mekanisme,dan prosedurPemohon datang ke unit pelayanan dengan membawa persyaratan dan mengambil nomor antrian ;Petugas memverifikasi kebenaran data permohonan pelaporan peristiwa penting lainya;petugas mengentri data pemohon dalam aplikasi SIAK dan mencetak catatan pinggir perubahan peristiwa penting lainya ;kasi dan kabid pelayanan pencatatan sipil memvalidasi data catatan pinggir perubahan peristiwa penting lainya;Kepala dinas mendatatangani catatan pinggir perubahan peristiwa penting lainyapada kutipan dan register akta pencatatan sipil;petugas mencetak register dan kutipan akta pengakuan anak serta mencatatdalam buku register akta ;petugas menyerahkan kutipan akta pencatatan sipil kepada pemohonPetugas menyimpan arsip 3.     Jangka waktu Pelayanan        Paling lambat 24 (Dua Puluh Empat) jam sejak syarat dinyatakan lengkap oleh petugas, kecuali terdapat kendala teknis ;4.    Biaya / tarif         Tidak ada biaya / gratis 5.    Produk Pelayanan         Catatan pinggir kutipan akta pencatatan sipil dan catatan pinggir register akta pencatatan sipil6.    Penanganan, pengaduan, saran dan masukanMedia langsung atau tatap muka di unit pengaduan; Kantor DISDUKCAPILMedia telepon dinas : (0322)321322Media Whatsapp Konsultasi dan Pengaduan : +62 811-3699-514Hotline Service : +62 812-1684-122Media Whatsapp Pelayanan : +62 811-3699-514Media Internet :Pengaduan ditujukan melalui:a. Facebook:https://www.facebook.com/dispendukpencapil.lamonganb. Website : https://lamongankab.go.id/disdukcapilc. email : disdukcapil@lamongankab.go.idIII. STANDAR PELAYANAN PENERBITAN AKTA PERCERAIAN Komponen standar pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan (serrvice delivery) meliputi :1.    Persyaratan Pelayanan        Syarat Pelayanan penerbitan akta perceraian :Mengisi formulif F 2.01salinan putusan pengadilan negeri yang telah memperoleh Kutipan akta perkawinan asliKK dan KTP el pemohon penduduk Lamongan2.     Sistem, mekanisme, dan prosedurpemohon datang ke unit pelayanan dengan membawa persyaratan ;petugas memverifikasi kebenaran data pemohon petugas mengentri data pemohon kedalam aplikasi SIAK dan mengajukan sertifikasi tanda tangan elektronik Peraturan Presiden Nomor 96 Tahun 2018 tentang persyaratan dan tata caravalidasi data dan verifikasi sertifikasi tanda tangan elektronik Kepala dinas melakukan sertifikasi tanda tangan elektronik petugas mencetak register dan kutipan akta perceraian; mempelai datang kedukcapil untuk mendatangani register akta perceraian dan tanda terima dalam buku bantu perceraian ;petugas menyerahkan kutipan akta perceraian kepada pemohon menyimpan arsip3.     Jangka waktu Pelayanan        Paling lambat 24 (Dua Puluh Empat) jam sejak syarat dinyatakan lengkap oleh petugas, kecuali terdapat kendala teknis ;4.     Biaya / tarif         Tidak ada biaya / gratis 5.     Produk Pelayanan Akta Percerain 6.    Penanganan, pengaduan, saran dan masukan Media langsung atau tatap muka di unit pengaduan; Kantor DISDUKCAPILMedia telepon dinas : (0322)321322Media Whatsapp Konsultasi dan Pengaduan : +62 811-3699-514Hotline Service : +62 812-1684-122Media Whatsapp Pelayanan : +62 811-3699-514Media Internet :Pengaduan ditujukan melalui:a. Facebook:https://www.facebook.com/dispendukpencapil.lamonganb. Website : https://lamongankab.go.id/disdukcapilc. email : disdukcapil@lamongankab.go.id IV. STANDAR PELAYANAN PENERBITAN PENGESAHAN ANAK Komponen standar pelayananyang terkait dengan proses penyampaian pelayanan (serrvice delivery) meliputi : 1.     Persyaratan Pelayanan        Syarat-syarat pencatatan pengesahan anak :Mengisi formulir F 2.01kutipan akta kelahiran kutipan akta perkawinan yang menerangkat terjadinya peristiwa perkawinan agama atau kepercayaan terhadap Tuhan YME terjadinya sebelum kelahiran anak KK dan KTP-el orang tua Keterangan :>. penetapan pengadilan bagi anak yang lahir sebelum perkawinan SAH menurut hukum agama / kepercayayaan terhadap tuhan YME ;>. bagi WNI yang bukan penduduk dan orang asing melampirkan Fotocopy paspor2.    Sistem mekanisme,dan prosedurPemohon datang ke unit pelayanan dengan membawa persyaratan dan mengambil nomor antrian ;Petugas memverifikasi kebenaran data pemohon ;petugas mengentri data pemohon dalam aplikasi SIAK mengajukan sertifikasitanda tanggan elektronik ;kasi dan kabid pelayanan pencatatan sipil memvalidasi data catatan pinggir Pengesan anak dan melakukan verifikasi tanda tangan elektronik ;kepala dinas melakukan tanda tangan elektronik ;petugas mencetak register dan kutipan akta pengakuan anak serta mencatat dalam buku register akta ;petugas menyerahkan kutipan akta pengakuan dan kutipan akta kelahiran kepada pemohon ;Petugas menyimpan arsip 3.    Jangka waktu        Paling lambat 24 (Dua Puluh Empat) jam sejak syarat dinyatakan lengkap oleh petugas Pelayanan , kecuali terdapat kendala teknis ;4.     Biaya / tarif         Tidak ada biaya / gratis 5.     Produk Pelayanan         Catatan pinggir register dan kutipan akta kelahiran anak dan akta perkawinan sertakutipan akta pengesahan anak6.    Penanganan, pengaduan, saran dan masukanMedia langsung atau tatap muka di unit pengaduan; Kantor DISDUKCAPILMedia telepon dinas : (0322)321322Media Whatsapp Konsultasi dan Pengaduan : +62 811-3699-514Hotline Service : +62 812-1684-122Media Whatsapp Pelayanan : +62 811-3699-514Media Internet :Pengaduan ditujukan melalui:a. Facebook:https://www.facebook.com/dispendukpencapil.lamonganb. Website : https://lamongankab.go.id/disdukcapilc. email : disdukcapil@lamongankab.go.id V. STANDAR PELAYANAN PENGANGKATAN ANAK Komponen standar pelayananyang terkait dengan proses penyampaian pelayanan (serrvice delivery) meliputi : 1. Persyaratan Pelayanan        Syarat-syarat pencatatan pengangkat anak :Mengisi formulir f 2.01salinan penetapan pengadilan kutipan akta kelahiran KTP-el orang tua angkat KK orang tua angkat Keterangan : Dokumen perjalanan bagi orang tua angkat orang asing 2. Sistem mekanisme,dan prosedur Pemohon datang ke unit pelayanan dengan membawa persyaratan dan mengambil nomor antrian ;Petugas memverifikasi kebenaran data pemohon ;Petugas megentri data catatan pinggir pengangkatan anak dalam aplikasi SIAK ;kasi dan kabid pelayanan pencatatan sipil memvalidasi data catatan pinggir pengangkatan anak ;kepala dinas menandatangani catatan pinggir kutipan akta dan Register akta Kelahiran ;petugas menyerahkan kutipan akta kelahiran kepada pemohon ;Menyimpan Arsip ;3. Jangka waktu         Paling lambat 24 (Dua Puluh Empat) jam sejak syarat dinyatakan lengkap oleh Pelayanan petugas, kecuali terdapat kendala teknis ;4. Biaya / tarif           Tidak ada biaya / gratis 5. Produk Pelayanan catatan pinggir register dan kutipan akta kelahiran anak6. Penanganan, pengaduan, saran dan masukanMedia langsung atau tatap muka di unit pengaduan; Kantor DISDUKCAPILMedia telepon dinas : (0322)321322Media Whatsapp Konsultasi dan Pengaduan : +62 811-3699-514Hotline Service : +62 812-1684-122Media Whatsapp Pelayanan : +62 811-3699-514Media Internet :Pengaduan ditujukan melalui:a. Facebook:https://www.facebook.com/dispendukpencapil.lamonganb. Website : https://lamongankab.go.id/disdukcapilc. email : disdukcapil@lamongankab.go.id VI . STANDAR PELAYANAN PENGAKUAN ANAK Komponen standar pelayananyang terkait dengan proses penyampaian pelayanan (serrvice delivery) meliputi : 1. Persyaratan Pelayanan Syarat-syarat pencatatan pengakuan anak :Mengisi formulir F 2.01surat pernyataan pengakuan anak dari ayah biologis yang disetujui ibu dari anakyang bersangkutansurat keterangan telah terjadi perkawinan orang tua dari pemuka agama atau  penghayat kepercayaan Tuhan YME;Kutipan Akta kelahiran anak;KK dan Ktp-el ayah ibu ;Keterangan :> penetapan pengadilan menegenai pengakuan anak bagi ibu kandung orang asing> dokumen perjalanan ibu kandung orang asing ;2. Sistem mekanisme,dan prosedurPemohon datang ke unit pelayanan dengan membawa persyaratan dan mengambil nomor antrian ;Petugas memverifikasi kebenaran data pemohon ;petugas mengentri data pemohon dalam aplikasi SIAK mengajukan sertifikasitanda tanggan elektronik ;kasi dan kabid pelayanan pencatatan sipil memvalidasi data catatan pinggir Pengakuan anak ;kepala dinas melakukan tanda tangan elektronik ;petugas mencetak register dan kutipan akta pengakuan anak serta mencatatdalam buku register akta ;petugas menyerahkan kutipan akta pengakuan dan kutipan akta kelahiran kepada pemohon ;Petugas menyimpan arsip 3. Jangka waktu Pelayanan Paling lambat 24 (Dua Puluh Empat) jam sejak syarat dinyatakan lengkap oleh petugas, kecuali terdapat kendala teknis ;4. Biaya / tarif                 Tidak ada biaya / gratis 5. Produk Pelayanan         Catatan pinggir register dan kutipan akta Pengakuan anak6. Penanganan, pengaduan, saran dan masukanMedia langsung atau tatap muka di unit pengaduan; Kantor DISDUKCAPILMedia telepon dinas : (0322)321322Media Whatsapp Konsultasi dan Pengaduan : +62 811-3699-514Hotline Service : +62 812-1684-122Media Whatsapp Pelayanan : +62 811-3699-514f.Media Internet :Pengaduan ditujukan melalui:a. Facebook:https://www.facebook.com/dispendukpencapil.lamonganb. Website : https://lamongankab.go.id/disdukcapilc. email : disdukcapil@lamongankab.go.id VII. STANDAR PELAYANAN PENCATATAN LAHIR MATI Komponen standar pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan (serrvice delivery) meliputi : 1. Persyaratan Pelayanan Pencatatan lahir mati memenuhi syarat berupa :Mengisi formulir F 2.01surat kelahiran mati ataupernyataan dari orang tua kandung atau wali bagi yang tidak memiliki surat 2. Sistem mekanisme,dan prosedurPemohon datang ke unit pelayanan dengan membawa persyaratan dan mengambil nomor antrian ;petugas memverifikasi kebenaran data pemohon;petugas mengentri data pemohon sesuai kedalam aplikasi SIAK dan mencetak surat keterangan lahir mati;kasi dan kabid pelayanan pencatatan sipil melakukan verifikasi dan validasi data lahir mati;kepala dinas mendatangani surat keterangan lahir mati;petugas menyerahkan surat keterangan lahir mati kepada pemohon;petugas menyimpan arsip3. Jangka waktu Pelayanan         Paling lambat 24 (Dua Puluh Empat) jam sejak syarat dinyatakan lengkap oleh petugas, kecuali terdapat kendala teknis ;4. Biaya / tarif         Tidak ada biaya / gratis 5. Produk Pelayanan Akta Kelahiran6. Penanganan, pengaduan, saran dan masukanMedia langsung atau tatap muka di unit pengaduan; Kantor DISDUKCAPILMedia telepon dinas : (0322)321322Media Whatsapp Konsultasi dan Pengaduan : +62 811-3699-514Hotline Service : +62 812-1684-122Media Whatsapp Pelayanan : +62 811-3699-514Media Internet :Pengaduan ditujukan melalui:a. Facebook:https://www.facebook.com/dispendukpencapil.lamonganb. Website : https://lamongankab.go.id/disdukcapilc. email : disdukcapil@lamongankab.go.id VIII.     STANDAR PELAYANAN PENCATATAN PEMBETULAN AKTA PENCATATAN SIPIL Komponen standar pelayananyang terkait dengan proses penyampaian pelayanan (serrvice delivery) meliputi : 1. Persyaratan Pelayanan Pembetulan Akta Pencatatan Sipil memenuhi Syarat berupa :Formulir pelaporan Pencatatan Sipil F 2.01 Pembetulan Akta pencatatan sipil karena kesalahan tulis redaksionalyang telah diserahkan kepada pemegangDokumen autentik yang menjadi persyaratan penerbitan Aktapencatatan sipilKutipan Akta dimana terdapat kesalahan tulis redaksional2. Sistem mekanisme,dan prosedurPemohon datang ke unit pelayanan dengan membawa persyaratan dan mengambil nomor antrian ;Petugas memverifikasi Kebenaran data pemohon petugas mengentri data pemohon dalam aplikasi SIAK dan mengajukan sertifikasi  tanda tangan elektronik kasi dan kabid pelayanan pencatatan sipil melakukan memvalidasi data danVerifikasi sertifikasi tanda tangan elektronik;kepala dinas melakukan sertifikasi tanda tangan elektronik petugas menyerahkan kutipan akta kelahiran kepada pemohon dan mencabut kutipan akta pencatatan sipil yang salah petugas membuat catatan pinggir dalam buku register Petugas menyimpan arsip 3. Jangka waktu         Paling lambat 24 (Dua Puluh Empat) jam sejak syarat dinyatakan lengkap oleh Pelayanan petugas, kecuali terdapat kendala teknis ;4. Biaya / tarif             Tidak ada biaya / gratis 5. Produk Pelayanan Kutipan akta pencatatan sipil dan catatan pinggir register akta pencatatan sipil 6. Penanganan, pengaduan, saran dan masukanMedia langsung atau tatap muka di unit pengaduan; Kantor DISDUKCAPILMedia telepon dinas : (0322)321322Media Whatsapp Konsultasi dan Pengaduan : +62 811-3699-514Hotline Service : +62 812-1684-122Media Whatsapp Pelayanan : +62 811-3699-514Media Internet :Pengaduan ditujukan melalui:a. Facebook:https://www.facebook.com/dispendukpencapil.lamonganb. Website : https://lamongankab.go.id/disdukcapilc. email : disdukcapil@lamongankab.go.id  IX.     STANDAR PELAYANAN PEMBATALAN AKTA PENCATATAN SIPIL Komponen standar pelayananyang terkait dengan proses penyampaian pelayanan (serrvice delivery) meliputi : 1. Persyaratan Pelayanan Pembatalan akta pencatatan sipil memenuhi syarat berupa :salinan penetapan pengadilan ;kutipan akta pencatatan sipil yang akan dibatalkan;KK dan KTP-elKeterangan :bagi WNI bukan penduduk dan orang asing melampirakan fotokopi paspor2. Sistem mekanisme,dan prosedurPemohon datang ke unit pelayanan dengan membawa persyaratan dan mengambil nomor antrian ;petugas memverifikasi kebenaran data pemohon;petugas mengentri data pemohon sesuai dengan perintah putusan pengadilan kedalam aplikasi SIAK dan mengajukan sertifikasi tanda tangan elektronikkasi dan kabid pelayanan pencatatan sipil memvalidasi data dan verfikasisertifikasi tanda tangan elektronikkepala dinas melakukan sertifikasi tanda tangan elektronikpetugas menyerahkan kutipan akta kelahiran kepada pemohon dan mencabut kutipan akta pencatatan sipil yang dibatalkanpetugas membuat catatan pinggir dalam buku registerPetugas menyimpan arsip petugas menyerahkan kutipan akta pencatatan sipil kepada pemohon3. Jangka waktu Pelayanan         Paling lambat 24 (Dua Puluh Empat) jam sejak syarat dinyatakan lengkap oleh petugas, kecuali terdapat kendala teknis ;4. Biaya / tarif             Tidak ada biaya / gratis 5. Produk Pelayanan        Catatan pinggir kutipan akta pencatatan sipil dan catatan pinggir register akta pencatatan sipil6. Penanganan, pengaduan, saran dan masukanMedia langsung atau tatap muka di unit pengaduan; Kantor DISDUKCAPILMedia telepon dinas : (0322)321322Media Whatsapp Konsultasi dan Pengaduan : +62 811-3699-514Hotline Service : +62 812-1684-122Media Whatsapp Pelayanan : +62 811-3699-514Media Internet :Pengaduan ditujukan melalui:a. Facebook:https://www.facebook.com/dispendukpencapil.lamonganb. Website : https://lamongankab.go.id/disdukcapilc. email : disdukcapil@lamongankab.go.id X. STANDAR PELAYANAN PENCATATAN PEMBATALAN PERKAWINAN Komponen standar pelayananyang terkait dengan proses penyampaian pelayanan (serrvice delivery) meliputi : 1. Persyaratan Pelayanan Pencatatan Pembatalan perceraian berupa :Mengisi formulir F 2.01salinan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap ;Kutipan akta perkawinanKK dan KTP-el Keterangan :bagi WNI bukan penduduk dan orang asing melampirkan fotocopi paspor2. Sistem mekanisme,dan prosedurPemohon datang ke unit pelayanan dengan membawa persyaratan dan mengambil nomor antrian ;petugas memverifikasi kebenaran data pemohon;petugas melakukan perekaman data kedalam aplikasi SIAK dan mencetak surat keterangan pembatalan perkawinan;kasi dan kabid pelayanan pencatatan sipil melakukan verifikasi dan validasi surat keterangan pembatalan perkawinan ;kepala dinas mendatangani surat keterangan pembatalan perkawinan ;petugas menyerahkan surat keterangan pembatalan perceraian kepada pemohon dan menarik akta perceraian yang dibatalkanpetugas membuat catatan pinggir dalam buku registermenyimpan arsip3. Jangka waktu Pelayanan Paling lambat 24 (Dua Puluh Empat) jam sejak syarat dinyatakan lengkap oleh petugas, kecuali terdapat kendala teknis ;4. Biaya / tarif       Tidak ada biaya / gratis 5. Produk Pelayanan         kutipan akta pencatatan sipil dan catatan pinggir pembatalan akta pada register akta pencatatan sipil6. Penanganan, pengaduan, saran dan masukan Media langsung atau tatap muka di unit pengaduan; Kantor DISDUKCAPILMedia telepon dinas : (0322)321322Media Whatsapp Konsultasi dan Pengaduan : +62 811-3699-514Hotline Service : +62 812-1684-122Media Whatsapp Pelayanan : +62 811-3699-514Media Internet :Pengaduan ditujukan melalui:a. Facebook:https://www.facebook.com/dispendukpencapil.lamonganb. Website : https://lamongankab.go.id/disdukcapilc.email : disdukcapil@lamongankab.go.id XI. STANDAR PELAYANAN PENCATATAN KELAHIRAN Komponen standar pelayananyang terkait dengan proses penyampaian pelayanan (serrvice delivery) meliputi : 1. Persyaratan Pelayanan        Pencatatan Kelahiran memenuhi Persyaratan Berupa :Mengisi formulir F 2.01Surat Kelahiran dari Bidan / Dokter / Penolong Kelahiran dan atau SuratBuku Nikah / Kutipan Akta Perkawinan orang tua atau Bukti lain yang sah ;Kartu Keluarga (KK) orang tua ;KTP-EL orang Tua ;KTP-EL 2 (Dua) orang saksi ;Keterangan : a. BAP dari kepolisian bagi anak baru lahir / ditemukan dan tidak diketahui asal Usulnya ;b. Dokumen perjalanan RI dan atau Dokumen perjalananan orang tua bagi orang Asingc. SPTJM kebenaran pasangan Suami Istri bagi yang tidak memiliki Buku Nikah / Kutipan Akta perkawinan atau bukti lain yang sah tetapi status hubungan di Kartu Keluarga menunjukan suami istri d. SPTJM kebenaran data kelahiran bagi yang tidak memiliki surat keterangan Kelahiran.2. Sistem mekanisme,dan prosedur        A. Prosedur pelayanan pencatatan kelahiran secara daring :Pemohon mengunduk aplikasi Dukcapil smart di playstore, registrasi akun  dengan Nomor NIK dan KK, membuka menu kelahiran mengisi form di aplikasi,mengungah persyaratan, mengecek berkala status / notifikasi ;Petugas membuka aplikasi dan memverifikasi kebenaran data pemohon ;Petugas megentri data pemohon kedalam AplikaSI SIAK dan mengajukan sertifikasi tanda tangan elektronik ;Kasi kelahiran dan Kabid pelayanan Pencatatan sipil melakukan validasi data dan verifikasi sertifikasi tanda tangan elektronik ;Kepala dinas melakukan sertifikasi tanda tangan elektronik ;Petugas mengirim file dokumen ( Kutipan Akta Kelahiran) via email kepada  pemohon ;Petugas mencetak Akta Kelahiran ;Menyimpan Arsip ;Keterangan : bagi pemohon yang memiliki kendala penggunaan aplikasi dan kelengkapanpersyaratan bisa melakukan pengajuan secara luring        B. Prosedur Pelayanan Pencatatan Kelahiran secara Luring :Pemohon datang Unit pelayana dengan membawa persyaratan dan mengambil Nomor antrian ;Petugas memverifikasi kebenaran data pemohon ;Petugas mengentri datapemohon kedalam aplikasi SIAK danmengajukan sertifikasi tanda tangan elektronik ;kasi kelahiran dan kabid pelayanan pencatatan sipil melakukan validasi data danverifikasi sertifikasi tanda tangan elektronik ;kepala dinas melakukan sertifikasi tanda tangan elektronik ;petugas mencetak register dan kutipan akta kelahiran ;petugas menyerahkan kutipan akta kelahiran kepada pemohon ;menyimpan arsip ;3 Jangka waktu Pelayanan        Paling lambat 24 (Dua Puluh Empat) jam sejak syarat dinyatakan lengkap oleh petugas, kecuali terdapat kendala teknis ; 4 Biaya / tarif         Tidak ada biaya / gratis  5 Produk Pelayanan Akta Kelahiran 6 Penanganan, pengaduan, saran dan masukanMedia langsung atau tatap muka di unit pengaduan; Kantor DISDUKCAPILMedia telepon dinas : (0322)321322Media Whatsapp Konsultasi dan Pengaduan : +62 811-3699-514Hotline Service : +62 812-1684-122Media Whatsapp Pelayanan : +62 811-3699-514Media Internet :Pengaduan ditujukan melalui:a. Facebook:https://www.facebook.com/dispendukpencapil.lamonganb. Website : https://lamongankab.go.id/disdukcapilc. email : disdukcapil@lamongankab.go.id XII.      JENIS PELAYANAN       : PENERBITAN AKTA KEMATIAN Komponen Standar pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan(Service Delivery) meliputi : 1.     Persyaratan Pelayanan         Syarat-syarat penerbitan  akta kematian bagi WNI : Formulir pelaporan Pencatatan Sipil F 2.01 Rumah Sakit/ Vissum dari Dokter/Petugas Kesehatan Fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan E-KTP asli yang meninggal Foto Copy KTP Pemohon/pelapor Foto Copy KTP 2 orang saksi Surat kuasa bagi yang di kuasakan 2 Sistem, mekanisme, dan Prosedur        A.  Prosedur Penerbitan  akta kematian Secara Daring pemohon mengunduh aplikasi dukcapil smart di playsore, registrasi akun dengan Nomor NIK dan KK, membuka menu kelahiran, mengisi Petugas membuka Aplikasi dukcapil smart dan memverifikasi kebenaran data pemohon Petugas mengentri data pemohon ke dalam aplikasi SIAK dan mengajukan sertifikasi tanda tangan elektronik kasi kelahiran dan kabid pelayanan pencatatan sipil melakukan validasi data dan verifikasi sertifikat tanda tangan elektronik kepala dinas melakukan sertifikasi tanda tangan elektronik petugas mengirim file dokumen (kutipan akta kelahiran) via email.        B.  Prosedur Penerbitan  akta kematian Secara luringPemohon datang ke unit pelayanan dengan membawa persyaratan dan mengambil Nomor antrian Petugas memverifikasi kebenaran data pemohon Petugas mengantri data pemohon kedalam aplikasi SIAK dan mengajukan sertifikasi tanda tangan elektronik Kasi kelahiran dan kabid pelayanan pencatatn sipil melakukan validasi data dan verifikasi sertifikasi tanda tangan elektronik Kepala Dinas melakukan sertifikasi tanda tangan elektronik Petugas mencetak register dan kutipan akta kelahiran Petugas menyerahkan kutipan akta kelahiran kepada pemohon Menyimpan Arsip 3. Jangka waktu pelayanan        Paling lambat 3 (Tiga) hari 4. biaya/tarif        Tidak ada Biaya/Gratis 5. Produk pelayanan        Akta kematian 6. Penanganan, pengaduan,sara, dan masukanMedia langsung atau tatap muka di unit pengaduan; Kantor DISDUKCAPILMedia telepon dinas : (0322)321322Media Whatsapp Konsultasi dan Pengaduan : +62 811-3699-514Hotline Service : +62 812-1684-122Media Whatsapp Pelayanan : +62 811-3699-514Media Internet :Pengaduan ditujukan melalui:a. Facebook:https://www.facebook.com/dispendukpencapil.lamonganb. Website : https://lamongankab.go.id/disdukcapilc. email : disdukcapil@lamongankab.go.id

Selengkapnya
Standart Pelayanan Pendaftaran Penduduk

STANDART PELAYANAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN LAMONGAN A. PELAYANAN PENDAFTARAN PENDUDUK I. JENIS PELAYANAN : PENERBITAN KARTU KELUARGA BARUKomponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan ( service delivery) meliputi :1. Persyaratan Pelayanan Syarat-syarat pelayanan penerbitan Kartu Keluarga Baru :Foto kopi Kutipan Akta Nikah/ Kutipan Akta Perkawinan/ Kutipan Akta PerceraianSurat Keterangan pindah/ surat keterangan pindah datang bagi penduduk yang pindahSurat Keterangan pengganti tanda identitas bagi Penduduk Rentan Administrasi KependudukanBagi Orang Asing ditambah fotokopi dokumen perjalanan dan fotokopi kartu izin tinggal tetapMengisi Formulir F1.022. Sistem, mekanisme,dan prosedurPemohon datang di tempat pelayanan dengan membawa persyaratan dan mengambil nomor antrian;Petugas memeriksa berkas permohonan dan pesyaratan;Verifikasi data pemohon pada data SIAK3. Jangka waktu pelayanan  Paling lambat 3 (tiga) hari4. Biaya/ tarif            Tidak ada biaya / GRATIS5. Produk Pelayanan            Kartu Keluarga6. Penanganan, pengaduan,saran, dan masukanMedia langsung atau tatap muka di unit pengaduan; Kantor DISDUKCAPILMedia telepon dinas : (0322)321322Media Whatsapp Konsultasi dan Pengaduan : +62 811-3699-514Hotline Service : +62 852-3118-3956Media Whatsapp Pelayanan Dafduk : : +62 852-3118-3956Media Internet :a. Facebook: https://www.facebook.com/dispendukpencapil.lamonganb. Website   : https://lamongankab.go.id/disdukcapilc. email        : disdukcapil@lamongankab.go.id II. JENIS PELAYANAN : PENERBITAN KARTU KELUARGA KARENA PERUBAHAN ELEMEN DATAKomponen Standart Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan ( service delivery) meliputi :1. Persyaratan PelayananSyarat- syarat pelayanan penerbitan Kartu Keluarga karena perubahan data:Mengisi Formulir pendaftaran peristiwa Kependudukan/ F1.02 Mengisi Formulir surat pernyataan Perubahan Elemen Data Kependudukan/ F1.06Kartu Keluarga asli dan fotokopi;KTPel asli dan fotokopiFotocopy surat keterangan atau bukti perubahan peristiwa penting dan peristiwa kependudukanBagi Orang Asing ditambah fotocopy dokumen perjalanan dan fotocopy kartu izin tinggal tetap2. Sistem, Mekanisme dan Prosedur  Pemohon datang di tempat pelayanan dengan membawa  persyaratan dan mengambil nomor antrian;Petugas melakukan verifikasi memeriksa berkas permohonan dan persyaratanProses ubah elemen data jika syarat lengkapPengajuan cetak KK oleh petugasKabid, Kasi melakukan verifikasi pengajuan Tanda Tangan Elektronik (TTE) KKProses TTE KK oleh Ka. DinasPetugas Mencetak file PDF KK yang telah di TTESistem SIAK secara otomatis akan mengirim file PDF KK dan PIN pembuka ke alamat email pemohonPetugas mencatat dalam buku register KKPetugas menyerahkan KK kepada pemohonPemohon menerima KK dan tanda tangan pengambilanPetugas mendokumentasi, menyimpan, merawat berkas permohonan dan persyaratan sebagai arsip.3. Jangka waktu pelayanan  Paling lambat 3 (tiga) hari4. Biaya/ Tarif            Tidak ada biaya/ GRATIS5. Produk Pelayanan            Kartu Keluarga6. Penanganan, Pengaduan, Saran, dan MasukanMedia langsung atau tatap muka di unit pengaduan; Kantor DISDUKCAPILMedia telepon dinas : (0322)321322Media Whatsapp Konsultasi dan Pengaduan : +62 811-3699-514Hotline Service : +62 852-3118-3956Media Whatsapp Pelayanan Dafduk : : +62 852-3118-3956Media Internet :a. Facebook:https://www.facebook.com/dispendukpencapil.lamonganb. Website :https://lamongankab.go.id/disdukcapilc. email   :disdukcapil@lamongankab.go.id III. JENIS PELAYANAN :  PENCATATAN BIODATA PENDUDUKKomponen standart pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan ( service delivery) meliputi :1. Persyaratan Pelayanan   Syarat- syarat pelayanan pencatatan Biodata Penduduk bagi WNI :Surat pengantar dari rukun tetangga dan rukun warga atau yang disebut dengan nama lain;Fotocopy dokumen atau bukti Peristiwa Kependudukan dan Peristiwa Penting; danFotocopy bukti pendidikan terakhirBagi Orang Asing ditambah fotocopy dokumen perjalanan dan fotocopy kartu izin tinggal terbatas atau izin tinggal tetapMengisi Formulir F1.012. Sistem, mekanisme, dan ProsedurPemohon datang di tempat pelayanan dengan membawa persyaratan dan mengambil nomor antrian;Petugas memeriksa berkas permohonan dan persyaratan;Verifikasi data pemohon pada data SIAK kemudian entri dataMencetak KK;Mencatat dalam buku register KK;Memberikan cetakan KK asli kepada pemohon dan menyimpan draft sebagai arsip.3. Jangka waktu pelayanan  Paling lambat 3(tiga) hari4. Biaya/ Tarif            Tidak ada biaya/GRATIS5. Produk Pelayanan            Biodata Penduduk dan Kartu Keluarga6. Penanganan, Pengaduan,  saran, dan masukanMedia langsung atau tatap muka di unit pengaduan; Kantor DISDUKCAPILMedia telepon dinas : (0322)321322Media Whatsapp Konsultasi dan Pengaduan : +62 811-3699-514Hotline Service : +62 852-3118-3956Media Whatsapp Pelayanan Dafduk : : +62 852-3118-3956Media Internet :a. Facebook:https://www.facebook.com/dispendukpencapil.lamonganb. Website :https://lamongankab.go.id/disdukcapilc. email   :disdukcapil@lamongankab.go.id IV. JENIS PELAYANAN : PENERBITAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK BARUKomponen standart pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan ( service delivery) meliputi :1. Persyaratan Pelayanan   Syarat- syarat pelayanan pencatatan Biodata Penduduk bagi WNI :Fotocopy Kartu Keluarga, atauTelah berusia 17 ( tujuh belas) tahun, sudah kawin, atau pernah kawinBagi Orang Asing ditambah fotocopy dokumen perjalanan dan fotocopy kartu izin tinggal       terbatas atau izin tinggal tetapMengisi Formulir pendaftaran peristiwa kependudukan / F1.022. Sistem, mekanisme,   dan prosedurPemohon datang di tempat pelayanan dengan membawa persyaratan dan mengambil nomor antrian;Petugas memeriksa berkas permohonan dan persyaratan;Verifikasi data pemohon pada data SIAK Proses Perekaman;Mencetak KTPel/ Surat Keterangan Pengganti KTPel;Memberikan KTPel/ Surat Keterangan Pengganti KTPel asli kepada pemohon3. Jangka waktu pelayanan  Paling lambat 3(tiga) hari4. Biaya/ Tarif           Tidak ada biaya/GRATIS5. Produk Pelayanan            Kartu Tanda Penduduk Elektronik/ Surat Keterangan Pengganti KTPel6. Penanganan, Pengaduan, saran, dan masukanMedia langsung atau tatap muka di unit pengaduan; Kantor DISDUKCAPILMedia telepon dinas : (0322)321322Media Whatsapp Konsultasi dan Pengaduan : +62 811-3699-514Hotline Service : +62 852-3118-3956Media Whatsapp Pelayanan Dafduk : : +62 852-3118-3956Media Internet :a. Facebook:https://www.facebook.com/dispendukpencapil.lamonganb. Website :https://lamongankab.go.id/disdukcapilc. email   :disdukcapil@lamongankab.go.id V. JENIS PELAYANAN : PENERBITAN SURAT KETERANGAN TEMPAT TINGGAL ( SKTT) DAN KTP ORANG ASINGKomponen standart pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan ( service delivery) meliputi :1. Persyaratan Pelayanan   Syarat- syarat pelayanan pencatatan Biodata Penduduk bagi WNI :Fotocopy PassportFotocopy Itas ( Ijin Tinggal terbatas) untuk SKTT/ ITAP ( Ijin Tinggal Tetap) untuk KTP Orang Asing;Surat Keterangan sponsor dan permohonan penerbitan SKTT/ KTP Orang Asing (untuk sponsor perusahaan);Surat Keterangan Pindah Orang Asing (SKPORANG ASING ) dan Biodata Asli dari daerah Asal (bagi Orang Asing pindah datang)Fotocopy surat keterangan tempat tinggal Orang Asing dari desa;Fotocopy surat tanda melapor dari Kepolisian;Foto ukuran 3x4 jumlah 2 lembar;Fotocopy KK atau KTP sponsor, untuk permohonan KTP Orang Asing KK asli sponsor dilampirkan;Berkas pendukung ( fc Akta Kelahiran, ijazah, surat Nikah, dll)Mengisi formulir permohonan dan isian biodata ( disediakan di Disdukcapil)2. Sistem, mekanisme,    a. Pemohon datang di tempat pelayanan dengan membawa persyaratan dan mengambil nomor antrian;   dan prosedur    b. Petugas memeriksa berkas permohonan dan persyaratan;    c. Petugas menuliskan nomor Hp pemohon untuk pemberitahuan SKTT/ KTP Orang Asingsudah jadi;    d. Petugas entri mengentri data Orang Asing ( untuk permohonan baru)/ mengupdate data (untuk permohonan perpanjangan) dengan aplikasi SIAK;    e. Petugas entri mencetak draft SKTT/ KTP ORANG ASING ;    f. Kasi Pindah Datang memaraf Sdraft SKTT/ KTP ORANG ASING ;    g. Petugas entri mencetak SKTT/ KTP ORANG ASING , kemudian menyerahkan kepada Kepala Dinas untuk menandatangani SKTT/ KTP Orang Asing ;    h. Petugas memeberitahukan kepada pemohon bahwa SKTT/ KTP ORANG ASING  sudah selesai    i. Petugas menuliskan pada buku register;    j. Petugas menyerahkan SKTT ORANG ASING / KTP ORANG ASING  kepada pemohon.3. Jangka waktu pelayanan     Paling lambat 5 (lima) hari4. Biaya/ Tarif               Tidak ada biaya/Gratis5. Produk Pelayanan               Surat Keterangan Tempat Tinggal ( SKTT)/ KTP Orang Asing6. Penanganan, Pengaduan,   saran, dan masukan Media langsung atau tatap muka di unit pengaduan; Kantor DISDUKCAPILMedia telepon dinas : (0322)321322Media Whatsapp Konsultasi dan Pengaduan : +62 811-3699-514Hotline Service : +62 852-3118-3956Media Whatsapp Pelayanan Dafduk     : +62 852-3118-3956Media Internet :a. Facebook:https://www.facebook.com/dispendukpencapil.lamonganb. Website :https://www.lamongankab.go.id/disdukcapilc. email :disdukcapil@lamongankab.go.id VI. JENIS PELAYANAN : PENERBITAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK KARENA PERUBAHAN DATAKomponen standart pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan ( service delivery) meliputi :1. Persyaratan Pelayanan   Syarat- syarat pelayanan pencatatan Biodata Penduduk bagi WNI : Fotocopy Kartu Keluarga, atau KK AsliKTPel/ Surat Keterangan pengganti KTPel asli dan fotocopy;Fotocopy surat keterangan atau bukti perubahan peristiwa penting dan peristiwa kependudukanBagi Orang Asing ditambah fotocopy dokumen perjalanan dan fotocopy kartu izin tinggal  terbatas atau izin tinggal tetap2. Sistem, mekanisme,   dan prosedur    Pemohon datang di tempat pelayanan dengan membawa persyaratan dan mengambil nomor antrian;Petugas memeriksa berkas permohonan dan persyaratan;Verifikasi data pemohon pada data SIAK Proses ubah data;Mencetak KTPel/ Surat Keterangan Pengganti KTPel;Memberikan KTPel/ Surat Keterangan Pengganti KTPel asli kepada pemohon, dan menyimpan ars      Mengarsip berkas permohonan dan persyaratan3. Jangka waktu pelayanan     Paling lambat 3(tiga) hari4. Biaya/ Tarif               Tidak ada biaya/GRATIS5. Produk Pelayanan               Kartu Tanda Penduduk Elektronik/ Surat Keterangan Pengganti KTPel6. Penanganan, Pengaduan, saran, dan masukan Media langsung atau tatap muka di unit pengaduan; Kantor DISDUKCAPILMedia telepon dinas : (0322)321322Media Whatsapp Konsultasi dan Pengaduan : +62 811-3699-514Hotline Service : +62 852-3118-3956Media Whatsapp Pelayanan Dafduk : : +62 852-3118-3956Media Internet :a. Facebook:https://www.facebook.com/dispendukpencapil.lamonganb. Website :https://lamongankab.go.id/disdukcapilc. email   :disdukcapil@lamongankab.go.id VII. JENIS PELAYANAN : PENERBITAN KARTU TANDA PENDUDUK HILANG ATAU RUSAKKomponen standart pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan ( service delivery) meliputi :1. Persyaratan Pelayanan   Syarat- syarat pelayanan pencatatan Biodata Penduduk bagi WNI :Surat keterangan hilang dari kepolisian apabila hilangKTPel asli apabila rusakFotocopy kartu keluargaBagi Orang Asing ditambah fotocopy dokumen perjalanan dan fotocopy kartu izin tinggal  terbatas atau izin tinggal tetap2. Sistem, mekanisme, dan prosedurPemohon datang di tempat pelayanan dengan membawa persyaratan dan mengambil nomor antrian;Petugas memeriksa berkas permohonan dan persyaratan;Verifikasi data pemohon pada data SIAK Mencetak KTPel/ Surat Keterangan Pengganti KTPel;Memberikan KTPel/ Surat Keterangan Pengganti KTPel asli kepada pemohon, dan menyimpan arsipMengarsip berkas permohonan dan persyaratan3. Jangka waktu pelayanan  Paling lambat 3(tiga) hari4. Biaya/ Tarif           Tidak ada biaya/GRATIS5. Produk Pelayanan          Kartu Tanda Penduduk Elektronik/ Surat Keterangan Pengganti KTPel6. Penanganan, Pengaduan, saran, dan masukan Media langsung atau tatap muka di unit pengaduan: Kantor DISDUKCAPILMedia telepon dinas : (0322)321322Media Whatsapp Konsultasi dan Pengaduan : +62 811-3699-514Hotline Service : +62 852-3118-3956Media Whatsapp Pelayanan Dafduk : : +62 852-3118-3954Media Internet :a. Facebook:https://www.facebook.com/dispendukpencapil.lamonganb. Website : https://lamongankab.go.id/disdukcapilc. email : disdukcapil@lamongankab.go.id VIII. JENIS PELAYANAN : PENERBITAN KARTU IDENTITAS ANAK ( KIA) BARUKomponen standart pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan ( service delivery) meliputi :1. Persyaratan Pelayanan   Syarat- syarat pelayanan pencatatan Biodata Penduduk bagi WNI :Fotokopy kutipan Akta KelahiranFotokopy kartu keluarga anakFotocopy KTP orang tua/ waliPas foto anak berwarna ukuran 2x3 sebanyak 2 lembar bagi anak usia diatas 5 tahun. Anak usia  0-4 tahun tidak memakai fotoFotokopy paspor dan izin tinggal tetap bagi Orang Asing2. Sistem, mekanisme,dan prosedurPemohon datang di tempat pelayanan dengan membawa persyaratan dan mengambil nomor antrian;Petugas memeriksa berkas permohonan dan persyaratan;Verifikasi data pemohon pada data SIAK Entri data nomor Akta kelahiran dan uplOrang Asing d foto;Mencetak KIAMemberikan KIA kepada pemohonMengarsip berkas permohonan dan persyaratan3. Jangka waktu pelayanan  Paling lambat 3(tiga) hari4. Biaya/ Tarif            Tidak ada biaya/GRATIS5. Produk Pelayanan           Kartu Identitas Anak6. Penanganan, Pengaduan,saran, dan masukanMedia langsung atau tatap muka di unit pengaduan; Kantor DISDUKCAPILMedia telepon dinas : (0322)321322Media Whatsapp Konsultasi dan Pengaduan : +62 811-3699-514Hotline Service : +62 852-3118-3956Media Whatsapp Pelayanan Dafduk : : +62 852-3118-3954 Media Internet :a. Facebook:https://www.facebook.com/dispendukpencapil.lamonganb. Website : https://lamongankab.go.id/disdukcapilc. email : disdukcapil@lamongankab.go.id IX. JENIS PELAYANAN : PENERBITAN KARTU IDENTITAS ANAK ( KIA) HILANG/ RUSAKKomponen standart pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan ( service delivery) meliputi :1. Persyaratan Pelayanan   Syarat- syarat pelayanan pencatatan Biodata Penduduk bagi WNI :Surat Keterangan hilang dari kepolisian apabila hilangKIA asli apabila rusakFotokopy kartu keluarga anakFotocopy KTP orang tua/ waliPas foto anak berwarna ukuran 2x3 sebanyak 2 lembar bagi anak usia diatas 5 tahun. Anak usia 0-4 tahun tidak memakai fotoFotokopy paspor dan izin tinggal tetap bagi Orang Asing2. Sistem, mekanisme,   dan prosedurPemohon datang di tempat pelayanan dengan membawa persyaratan dan mengambil nomor antrian;Petugas memeriksa berkas permohonan dan persyaratan;Verifikasi data pemohon pada data SIAK Untuk Orang Asing difoto jika belum ada foto ( usia 5 tahun ke atas);Mencetak KIAMemberikan KIA kepada pemohonMengarsip berkas permohonan dan persyaratan3. Jangka waktu pelayanan  Paling lambat 3(tiga) hari4. Biaya/ Tarif            Tidak ada biaya/GRATIS5. Produk Pelayanan           Kartu Identitas Anak 6. Penanganan, Pengaduan,   saran, dan masukan  a. Media langsung atau tatap muka di unit pengaduan; Kantor DISDUKCAPILMedia telepon dinas : (0322)321322Media Whatsapp Konsultasi dan Pengaduan : +62 811-3699-514Hotline Service : +62 852-3118-3956Media Whatsapp Pelayanan Dafduk : : +62 852-3118-3954Media Internet :a. Facebook:https://www.facebook.com/dispendukpencapil.lamonganb. Website : https://lamongankab.go.id/disdukcapilc. email   : disdukcapil@lamongankab.go.idKomponen Standart pelayanan yang terkait dengan proses pengelolaan pelayanan di internal organisasi1. Dasar Hukum Undang- undang No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi kependudukanUndang-Undang No. 25 tentang Pelayanan Publik Undang- undang No. 24 Tahun 2013 tentang perubahan Atas UU no. 23 tahun 2006 tentang Administrasi KependudukanUndang- undang No. 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas UU No. 23 Tahun 2002 Tentang perlindungan Anak  pasal 27 Peraturan pemerintah RI No. 40 Tahun 2019 tentang pelaksanaan Undang- undang No. 23 Tahun 2006 tentang Adminduk sebagaimana telah diubah dengan undang- undang No. 24 Tahun 2013 tentang perubahan Atas Undang-undang No. 23 Tahun 2006Peraturan presiden No. 96 Tahun 2018 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan SipilPermendagri No. 2 tahun 2016 tentang Kartu Identitas AnakPermendagri No. 19 Tahun 2018 tentang Peningkatan Kualitas Layanan Administrasi Kependudukan Permendagri No. 109 tentang Formulir Dan Buku Yang digunakan Dalam Administrasi Kependudukan2. Sarana dan Prasarana dan/atau   fasilitas Ruang Pelayanan yang dilengkapi dengan AC, TV, Ruang Bermain Anak, Ruang Laktasi, Toilet Umum, Fasilitas Difable ( Kursi Roda dan Unit pelayanan difable) Permen dan air minum;Seperangkat Komputer dengana aplikasi SIAK;Blangko Printer Scanner Foto3. Kompetensi  PelaksanaMampu menguasai komputer dengan aplikasi SIAKMenguasai aturan tentang peraturan perundang- undangan yang mengatur penyelenggaraan administrasi kependudukan;Mampu bersikap ramah dengan para pemohon;4. Pengawasan Sistem pengawasan internal dari atasan langsung dan tidak langsungPengawasan dari inspektorat kabupaten LamonganPengawasan dari Masyarakat5. Jumlah    Pelaksana 7( Tujuh) Orang Di Dinas, 13 Orang Di Kecamatan6. Jaminan   Pelayanan Motto atau sloganBudaya atau Slogan Jaminan kepastian waktu penyelesaian proses pelayananKejelasan persyaratan administras7. Jaminan Keamanan dan    Keselamatan   PelayananPemberian alat pemadam kebakaran; Jaminan kerahasiaan data penduduk; Dokumen dijamin keabsahannya.8. Evaluasi Kinerja  Rapat koordinasi intern seminggu rutin terkait pelaksanaan pelayanan;Survey kepuasan pelanggan dengan survey harian dan IKM. Secara rutin dan berkelanjutan setiap 1 tahun      Pelayanan    sekali, sebagai upaya perbaikan dan peningkatan pelayanan.

Selengkapnya
Pengaduan

Untuk menyampaikan keluhan atau pengaduan pelayanan kami silakan kunjungi1. laporpakyes.lamongankab.go.id2. lapor.go.id3. WA Lapor 0811302 17084. IG : @laporlamongan5 SMS : 1708Hot Line Capilduk Lamongan : 082331134799telpon : (0322)321322

Selengkapnya
Jemput Bola (JEBOL)

Jemput Bola (Jebol)Adalah Layanan Administrasi Kependudukan ke Desa - Desa yang dilakukan Oleh DISDUKCAPIL Kab Lamongan Bekerjasama dengan Kecamatan dan desa Setempat, bertujuan agar masyarakat dapat memperoleh haknya  sebagai Warga Negara Indonesia. melalui program JEBOL ini diharapkan dapat menjaring masyarakat yang belum memiliki administrasi kependudukan khusunya bagi masyarakat yang berkebutuhan khusus ataupun masyarakat dengan gangguan kesehatan.

Selengkapnya