SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH

KOMISI B HARAPKAN SOSIALISASI LEBIH LUAS OLEH BULOG TERKAIT PENYERAPAN HASIL PANEN PADI MASYARAKAT

Kurangnya sosialisasi kepada Masyarakat terkait penyerapan gabah petani lokal mendapat sorotan dari Komisi B DPRD Lamongan. Hal tersebut terlihat saat Komisi B DPRD Lamongan meninjau langsung ke Gudang Bulog Babat hari Kamis kemarin (13/4/2017) dan hanya terpasang Spanduk terkait Penyerapan Gabah Masyarakat namun tidak ditemukan di setiap desa atau setiap kecamatan.

Komisi Komisi B menilai kurangnya sosialisasi tersebut membuat masyarakat beranggapan bahwa sulit untuk menjual hasil panen padi mereka kepada pihak bulog. “kami mengharapkan sosialisasi lebih luas kapada Masyarakat dengan menyebar spanduk disetiap desa agar para petani tahu akan hal ini” Kata Anggota Komisi B H. Sukandar, ST dari Fraksi PKB.

Bapak Irsan Nasution Kasub Drive Bojonegoro dan Bapak Muzzakin Kepala Gudang Bulog Babat yang saat itu menerima kunjungan Komisi B menjelaskan bahwa Sistem penyerapan gabah petani yang dilakukan oleh Bulog sebagian besar bekerjasama dengan PPL Dinas Pertanian, Bapinsa dan Mitra Kerja. Pihaknya tidak menyangkal jika masyarakat petani yang menjual gabahnya secara langsung kepada Bulog masih sedikit. Dari sisi Penerimaan dan Kualitas sudah menjadi baik. “Penerimaan Raskin dimasyarakat sudah ada peningkatan kualitas, yang dulu berkutu sekarang sudah bagus semenjak di Inspeksi oleh Komisi B pada Tahun 2015 lalu” jelasnya. (Fzr)