SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH

KOMISI B BELAJAR PENGEMBANGAN UMKM DI KOTA BOGOR

Komisi B DPRD Kabupaten Lamongan melakukan Kunjungan kerja ke DPRD Kota Bogor pada, Selasa (11/07/2017). Kunjungan kerja diterima oleh Drs.Dadang Abdurrahman,MM ini terkait dengan peningkatan dan pengembangan UMKM di ruang Rapat II.

Dadang Abdurrahman memaparkan beberapa kemajuan Kota Bogor terutama dalam sektor pengembangan UMKM.

“melalui Mursenbang kegiatan UMKM yg mencapai lebih dari 200.000 akan dimaksimalkan potensinya untuk meningkatkan perekonomian. Pemerintah Kota Bogor sudah memperhatikan pelaku UMKM yang berada ditingkat Kecamatan, salah satu contohnya UMKM di Kec.Cibinong yang terdapat beberapa produk unggulan seperti kuliner, fashion,handycraft yang sudah masuk Pasar Ekspor.

Untuk memperkuat dukungan terhadap UMKM, pemerintah memberikan bantuan Kredit Cinta Rakyat, yang hingga tahun 2017 jumlahnya telah mencapai Rp.285 milyar, dengan 14.800 debitur. Kota Bogor juga mempunyai inovasi perizinan secara online, pendidikan dan pelatihan teknis, pendampingan teknologi dan informasi, managemen, membantu pemasaran melalui teknologi e-marketing yang bekerja sama dengan pihak ketiga seperti kampus, lembaga perekonomian dan ahli ekonomi serta bekerja sama dengan Pemprov Jawa Barat.

“dengan harapan sistem tersebut, semoga dapat diterapkan di Kabupaten Lamongan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat ”. Kata Saifudin Zuhri, Ketua Komisi B dari Fraksi PKB.