Mei

10

 2022

Masuk Nominasi Kampung KB Percontohan, Desa Deketagung Diharapkan Menjadi Yang Terbaik


BKKBN Jawa Timur dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau desa, mengadakan lomba kampung keluarga berkualitas (KB).

Desa Deketagung, Kecamatan Sugio menjadi salah satu nominator dari 4 desa lainnya di tingkat Kabupaten se-Provinsi Jawa Timur. 

Setelah melalui tahapan seleksi awal, berdasarkan profil kampung KB yang telah dikirimkan, Desa Deketagung, pada Selasa (10/5) menerima kunjungan lapangan secara langsung dari Tim Penilai Provinsi.

Pada tempat yang berbeda yakni di Guest House Lamongan, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat menerima kunjungan dari tim penilai provinsi menyampaiakan Desa Deketagung merupakan desa yang cukup baik, baik secara invrastuktur, pemberdayaan desa, maupun masyarakatnya.

“Desa Deketagung ini, selain invrastrukturnya yang baik juga ada beberapa tempat wisata yang ditanami ikan, ini sebagai program gemar makan ikat, dan tentu untuk program menggurangi pertumbuhan stunting. Dan kelebihan lainnya itu terdapat jaringan Wifi yang sangat kuat yang kemarin juga telah mendapatkan apresiasi dari PT Telkom,” tutur Pak Yes

Menurut Pak Yes, pemerintah Desa Deketagung serta masyarakat Desa Deketagung sangat mendukung program-program yang ada, sehingga program yang ada di Desa Deketagung semuanya berjalan.

“Memang ada beberpaa kegiatan disana yang juga telah dibentuk dan juga ada beberapa poktan, seperti Bina Keluarga Balita, Bina Keluaraga Remaja, Bina Keluaraga Lansia, Pusat Informasi Konseling, Posyandu, selain itu juga ada Asman Toga, dan Dapur Sehat,” lanjut Pak Yes

Lebih lanjut, Pak Yes, mengakui program yang ada di Desa Deketagung bukan sekedar formalitas. Selain itu pemerintah Kabupaten Lamongan juga terus berupaya untuk membina Desa-desa yang ada.

Saat ini Kabupaten Lamongan telah mempunyai 111 kampung KB yang menjadi binaan tim penggerak PKK di tingkat sektoral. 

Menurut Pak Yes, Kampung KB sejalan dengan Desa Mandiri yang menjadi program pemerintah Kabupaten Lamongan. Di tahun ini Kabupaten Lamongan memiliki 40 Desa Mandiri dari target 80 Desa Mandiri.

“Karena memang dari beberapa kriteria dan beberapa kegiatan yang ada ini terdapat beberapa irisannya antara kampung KB dengan desa mandiri,” kata Pak Yes

Pemerintah kabupaten Lamongan terus mendorong supaya desa-desa yang ada di Kabupaten Lamongan semakin berkualitas secara ketahanan. Sebab kualitas keluarga akan menjadi kualitas desa, dan kualitas masyarakat menjadi kulaitas sebuah kabupaten.

Dalam kesempatan yang sama, Ali Imron Ketua Tim Penilai Provinsi menuturkan kunjungan lapangan tersebut merupakan langkah lebih lanjut setelah penilaian profil.

“Kami melakukan kunjungan lapangan untuk memverifikasi terhadap data. Dan nanti kita juga akan ada diskusi mengenai pengelolaan Kampung KB,” ungkap Ali Imron

Sebenernya, kata Ali, kunjungan tersebut tidak semata-mata hanya untuk apresiasi, namun juga untuk pengembangan, pembinaan, maupun pengelolaan kampung KB.

“Ini diharapkan dapat menjadi miniatur desa dalam pemberdayaan yang memanfaatkan pemeberdayaan lintas sektoral. Nanti kita akan melihat bagaimana sebenernya membangun kerjasama lintas sektoral, dan bagaimana kampung KB ini bisa dirasakan manfaatnya, maupun dampak sosialnya kepada masyarakat,” lanjut Ali

Penilaian lapangan tersebut, Pak Yes berharap, nantinya Kabupaten Lamongan dapat menjadi yang terbaik, dan bisa bermanfaat serta menjadi percontohan untuk desa-desa lain di Kabupaten Lamongan.

Web Instansi

Pengunjung

Hari Ini ..
Kemarin 0
Minggu Ini ..
Minggu Lalu 0
Bulan Ini ..
Bulan Lalu 0
Tahun Ini ..
Semua ..

© Pemerintah Kabupaten Lamongan 2022

#LaporPakYES