UPT LABORATORIUM KESEHATAN DAERAH

Artikel Upt Laboratorium Kesehatan Daerah

Pemeriksaan Kesehatan Dalam Acara Orasi Hari Kesehatan Nasional Ke 59 dan Jambore Kesehatan Jiwa

Pada hari Minggu, 12 November 2023, bertepatan Hari Kesehatan Nasional Ke 59 Tahun 2023, di Alun- Alun Kota Lamongan, dalam acara Orasi hari Kesehatan Nasional Ke 59 Tahun 2023 dan Jambore Kesehatan Jiwa dilaksanakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat. Pemeriksaan kesehatan tersebut meliputi pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah dan pemeriksaan kolesterol dan. nasyarakat sangat antusias dengan kegiatan ini.

Selengkapnya
Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke- 59 Tahun 2023

Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke 59 Tahun 2023, dilaksanakan pada hari selasa, 14 November 2023 di halaman Pemerintah Daerah Kabupaten Lamongan. Upacara ini dipimpin oleh Bapak Bupati Lamongan, Dr. H. Yuhronur Efendi, MBA. Beliau mengajak seluruh stakeholder untuk berkolaborasi dan bersinergi dalam implementasi 6 (enam) pilar transformasi kesehatan. Enam pilar tersebut yakni pertama, transformasi pelayanan primer, sebagai upaya pencegahan dan deteksi dini berbagai masalah kesehatan. Pilar kedua, transformmasi layanan rujukan, penguatan layanan kesehatan melalui pemenuhan infrastruktur, SDM, dan sarana prasarana pelayanan yang berbasis digital. Pilar ketiga, transformasi sistem layanan ketahanan kesehatan. Pilar keempat, transformasi pembiayaan Kesehatan, seluruh pelayanan kesehatan harus melakukan perbaikan sistem pembiayaan dan pelayanan yang tidak efisien menjadi transparan. Pilar kelima, transformasi sumber daya manusia kesehatan, menjadi wujud pemerataan tenaga kesehatan yang memadahi dan unggul. Dan pilar keenam, transformasi teknologi kesehatan, diperlukan pengembangan sistem informasi yang terfragmentasi menjadi terintegrasi.Sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi insan kesehatan dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat demi memajukan kesehatan di Lamongan, Bupati Lamongan, Dr. H. Yuhronur Efendi, MBA menyerahkan penghargaan kepada:1. Puskesmas Mantup yang telah meraih penghargaan juara 2 tingkat Nasional terhadap komitmen dalam program JKN2. dr. Sri Murni dari Puskesmas Babat atas dedikasi pelayanan kesehatan tahun 2023. 3. IDI Lamongan atas komitmen penanganan stunting dan terselenggaranya bakti sosial dokter spesialis di seluruh puskesmas di Kabupaten Lamongan. 4. Puskesmas Turi dalam pelayanan terbaik versi Ombusman tahun 2022. 5. Puskemas Glagah sebagai puskesmas kinerja terbaik.6. Puskesmas Karanggeneng sebagai puskesmas dengan capaian SPM terbaik. 7. Posyandu Teratai, Desa Lohgung sebagai Posyandu Terbaik. 8. Klinik Bayangkara Polres Lamongan sebagai klinik performa terbaik. 9. UPT Instansi Farmasi sebagai direktorat  pengelola dan pelayanan kefarmasian. Selain itu Bupati Lamongan, Dr. H. Yuhronur Efendi, MBA, menyerahkan tali asih purna tugas kepada dr. Taufik Hidayat.

Selengkapnya
Orasi Hari Kesehatan Nasional dan Jambore Kesehatan Jiwa

Pada hari minggu, 12 November 2023, di alun-alun kota Lamongan, bertepatan Hari Kesehatan Nasional ke - 59, dilaksakan Orasi Hari Kesehatan Nasional dan Jambore Kesehatan Nasional. Bapak Bupati Lamongan, Dr. H. Yuhronur Efendi, MBA, memberikan sambutan dan memberangkatkan para peserta untuk melakukan orasi kesehatan jiwa berkeliling alun-alun dan membagikan souvenir kepada masyarakat.Acara dilanjutkan dengan senam kesehatan jiwa dan senam cuci tangan. Dan dilanjutkan Bincang Kesehatan Jiwa yang disampaikan oleh dr. Era Catur Prasetya, Sp.K.J. tentang kesehatan jiwa. Selain itu ada pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat meliputi pemeriksaan tensi darah, gula darah dan kolesterol.

Selengkapnya
Pelaksanaan Survei Akreditasi UPT Labkesda Lamongan

Pada hari Senin, 16 Oktober telah dilaksanakan Daring Survei Akreditasi UPT Labkesda Lamongan bersama LASKESI sebagai Lembaga Penyelenggara Akreditasi.Sebagai Surveyor Akreditasi adalah:1. dr. Eky Indyanty W.L., MMRS, SpPK, FISQua ( bidang teknis)2. Toeti Rahajoe, S.KM, M.Kes ( bidang manajemen)Kemudian pada hari Rabu, 18 Oktober 2023 dilanjutkan Survei Akreditasi secara luring di UPT Labkesda Lamongan. Akreditasi ini bertujuan untuk memenuhi standar sehingga dapat memberikan pelayanan yang bermutu.#uptlabkesdalamongan #dinkes.lamongan#akreditasilabkesdalamongan#labkesdalamonganpastibisa

Selengkapnya
Simulasi Penggunaan Spillkit, APAR dan Kedaruratan Gempa

Sosialisasi dan Simulasi Penggunaan Spill kit, APAR & Kedaruratan gempa dilaksanakan pada hari Jum'at tanggal 15 September 2023 diikuti seluruh pegawai UPT Labkesda Lamongan yang bertempat di UPT Labkesda Lamongan.Dengan diadakan acara Iki diharapkan seluruh pegawai UPT Labkesda Lamongan mengetahui cara penggunaan spill kit yg digunakan sebagai tindakan terhadap tumpahan sampel, spesimen atau bahan berbahaya. Simulasi APAR dimaksudkan kita dapat mengetahui bagaimana penggunaan APAR yang benar apabila terjadi kebakaran. Selain itu Simulasi kedaruratan gempa juga memberikan info apa yang harus kita lakukan bila terjadi situasi gempa...#penggunaanspillkit#simulasiAPAR#simulasikedaruratan gempa#uptlabkesdalamongan

Selengkapnya
On Job Training Malaria

UPT Labkesda Lamongan mengadakan On Job Training (OJT) Malaria yang dilaksanakan 26-27 Juni 2023 yang diikuti oleh 3 tenaga ATLM. Rangkaian kegiatan ini antara lain Penyampaian materi tentang Malaria yang disampaikan oleh Kepala UPT. Labkesda Lamongan, Ibu Nining Suci Marini, S.Si, dilanjutkan dengan Pre Test, Praktek dan Post Test.Kegiatan OJT ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan tenaga ATLM dalam pemeriksaan Malaria.

Selengkapnya
Kegiatan Orientasi Penyelenggaraan Labkesmas Tk. 1

Dalam rangka pelaksanaan transformasi layanan primer dan transformasi sistem ketahanan kesehatan, perlu adanya penguatan layanan laboratorium kesehatan. Untuk itu, perlu adanya penataan laboratorium kesehatan dalam bentuk Laboratorium Kesehatan Masyarakat (Labkesmas). Labkesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang melaksanakan pengukuran, penetapan dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia dan/atau bahan bukan berasal dari manusia untuk penentuan jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan atau faktor risiko yang dapat berpengaruh pada kesehatan perseorangan dan/atau kesehatan masyarakat dalam rangka mendukung sistem ketahanan Kesehatan.Labkesmas sebagai laboratorium kesehatan yang melaksanakan 14 fungsi WHO perlu diperkuat di setiap tingkatannya. Penyelenggaraan Labkesmas dilaksanakan secara berjenjang dalam 5 tingkatan, yaitu Labkesmas tingkat 1 yaitu laboratorium di Puskesmas dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Labkesmas tingkat 2 yaitu Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten/Kota, Labkesmas tingkat 3 yaitu Labkesda Provinsi, Labkesmas tingkat 4 yaitu Labkesmas Regional dan Labkesmas tingkat 5 yaitu Labkesmas Nasional. Labkesmas perlu diperkuat dalam 4 bidang yaitu Pelayanan Pemeriksaan, Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penjaminan Mutu, Pengelolaan Data dan Biorepositori, dan Jejaring, Kerjasama dan Komunikasi. Kegiatan Orientasi Penyelenggaraan Labkesmas Tk. 1 ini dilaksanakan secara daring pada tanggal 04 September - 12 September 2023. Peserta pertemuan daring ini dari 32 Puskesmas terdiri dari Dokter Penanggungjawab Laboratorium, ATLM, Sanitarian, dan Petugas Surveilans. kegiatan ini bertujuan untuk pengenalan tugas dan fungsi dari Penyelenggaraan Labkesmas Tingkat 1 (Puskesmas).

Selengkapnya
PARTISIPASI UPT LABKESDA DALAM LOMBA HUT RI KE 78 DI DINAS KESEHATAN KABUPATEN LAMONGAN

Pada tanggal 18 Agustus 2023, Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan mengadakan lomba dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 78, yang diikuti oleh seluruh pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan. UPT Labkesda Lamongan juga ikut berpartisipasi dalam lomba tersebut. Lomba yang dilaksanakan antara lain lomba cantol topi, lomba estafet air, lomba makan kerupuk. lomba estafet kardus dan lomba memasukkan bola dalam lubang tampah. Kegiatan ini di laksanakan di halaman kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan.

Selengkapnya
SEMARAK KEMERIAHAN HUT RI KE 78 DINAS KESEHATAN KABUPATEN LAMONGAN

Dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke 78, Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan mengadakan lomba yang diikuti seluruh pegawai dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan. Lomba yang dilaksanakan antara lain lomba estafet air, lomba cantol topi, lomba memasukkan bola ke lubang tampah, lomba estafet kardus dan lomba makan kerupuk.

Selengkapnya