DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA

Artikel Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa

LAYANAN APLIKASI BELADIRI BUMDESA LAMONGAN MANDIRI

Dalam rangka kegiatan pengembangan ekonomi desa di Kabupaten Lamongan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lamongan mempunyai tugas yang salah satunya adala Pengembangan BUMDesa. Sesuai dengan amanat Undang-undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa, BUMDesa adalah Badan Usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan Desa yang dipisahkan guna mengelola Aset, jasa pelayanan dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat. Dari UU Desa tersebut maka Desa dalam pengembangan potensi Desa dan peningkatan PADesa perlu untuk mengembangkan BUMDesa yang harus dikelola secara profesional.Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dalam menindaklanjuti hal tersebut, membuat suatu inovasi yang berupa sistem informasi dalam membantu Desa mengelola BUMDesa yang diberi nama BUMDESA LAMONGAN MANDIRI (BELADIRI).Sistem Informasi Bumdesa Lamongan Mandiri (BELADIRI) ini merupakan sistem informasi yang memberikan kemudahan bagi BUMDesa dalam melakukan pencatatan administrasi baik itu secara keorganisasian, pencatatan informasi jenis usaha, pencatatan transaksi pembukuan baik yang dilakukan oleh BUMDesa maupun usahanya serta adanya pojok konsultasi yang diharapkan menjadi media diskusi BUMDesa dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Forum BUMDesa dan Tenaga Ahli uang akan diintegrasi dengan sistem informasi Data Desa Center milik Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur.

Selengkapnya
Selamat Memperingati HARI BHAKTI ADHYAKSA KE-64 22 Juli 2024

Segenap Keluarga Besar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lamongan mengucapkan :Selamat MemperingatiHARI BHAKTI ADHYAKSA KE-6422 Juli 2024“Akselerasi Kejaksaan Untuk Mewujudkan Penegakan Hukum Modern Menuju Indonesia Emas”Penyelesaian Perkara Sepatutnya mempertimbangkan Nilai-Nilai Kemanusiaan, Hukum dan Keadilan yang Hidup di dalam Masyarakat. Keadilan itu ada di Hati Nurani, tidak ada di dalam buku.

Selengkapnya
CEK KEPATUHAN PAJAK DESA, PETUGAS PAJAK KPP PRATAMA LAMONGAN GANDENG DINAS PMD KABUPATEN LAMONGAN RENCANAKAN UNTUK EVALUASI PAJAK YANG BERSUMBER DARI DANA DESA

LAMONGAN – Bendahara desa selaku pengelola dana desa perlu menjalankan kewajiban perpajakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Guna memastikan hal ini berjalan dengan baik, KPP Pratama Lamongan mendatangi kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lamongan pada hari Senin (15/07/2024) lalu.Kedatangan Tim dari Petugas Pengawasan Pajak KPP Pratama Lamongan terdiri dari Kepala Seksi Pengawasan II, Yayuk Widianingsih dan Kepala Seksi Pengawasan IV, Sutiyono.Sutiyono menyampaikan visit kali ini bertujuan untuk berkoordinasi lebih lanjut atas inisiatif dari KPP Pratama Lamongan untuk melakukan evaluasi bertahap terhadap pembayaran pajak yang bersumber dari Dana Desa. Ditambahkan oleh Yayuk, bahwa KPP Pratama Lamongan bermaksud menggandeng Dinas PMD Lamongan untuk pelaksanaan kegiatan evaluasi perpajakan tersebut yang tentu saja akan dilaksanakan ke desa-desa.Zamroni, Kepala Dinas PMD Kabupaten Lamongan menyambut baik kedatangan pihak KPP Pratama dan pihaknya akan mendukung kegiatan evaluasi perpajakan yang akan dilakukan oleh pihak KPP Pratama Lamongan, karena pihaknya menyadari bahwa desa yang dengan sengaja tidak mau membayar pajaknya “berpotensi” melanggar hukum berupa penggelapan pajak lantaran dana untuk membayar pajaknya sebenarnya sudah dianggarkan dalam dana desa.

Selengkapnya
KENAIKAN SIGNIFIKAN PROGRES PENGELOLAAN DAN SARANA PRASARANA ARSIP, AUDIT SISTEM KEARSIPAN INTERNAL DI KANTOR DINAS PMD KABUPATEN LAMONGAN

LAMONGAN - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan tepatnya Bidang Kearsipan dan Pengawasan melakukan Kegiatan audit sistem kearsipan internal di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lamongan, Selasa (16/07/2024). Audit Kearsipan Internal adalah Audit Kearsipan yang dilaksanakan oleh Tim Pengawas Kearsipan Internal atas pengelolaan arsip dinamis dilingkungan pencipta arsip. Sehingga Untuk menjamin ketersediaan arsip yang autentik dan terpercaya, serta mendinamiskan sistem kearsipan, diperlukan penyelenggaraan kearsipan yang sesuai dengan prinsip, kaidah, dan standar kearsipan.Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan yaitu Mengecek ketaatan dalam pembuatan naskah dinas terhadap ketentuan tata naskah dinas, lalu Meninjau pengelolaan arsip dinamis dilingkungan opd lebih tepatnya pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lamongan, kemudian Mengecek ketersediaan sarpras pendukung kegiatan kearsipan, dan Mengecek ketersediaan SMD pengelola arsip, Pengelolaan arsip yang baik akan semakin optimal apabila didukung dengan keberadaan sarana dan prasarana kearsipan yang sesuai standar. Untuk itu, maka perlu didorong setiap OPD dapat memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana arsip dengan lengkap walaupun dilakukan secara bertahap.Dari hasil audit sistem kearsipan internal dapat di katakan bahwa di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lamongan sudah melakukan perkembangan yang sangat baik dengan memiliki ruangan record center serta spesifikasi yang cukup baik, tersedianya ruang transit, ruang pengelola, dan ruang pelayanan.Tujuan diadakannya audit sistem kearsipan internal di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa antara lain untuk menyeragamkan pembuatan naskah dinas sesuai dengan Standar, rekomendasi tentang tata pengelolaan arsip dinamis yg benar, serta dapat melakukan pengelolaan arsip secara baik; Tersedianya kebijakan yang mendukung pengelolaan arsip di setiap OPD; sertas tersedianya sumber daya pendukung yang memenuhi standar kualitas.

Selengkapnya
GELAR APEL PAGI, KEPALA DINAS PMD KABUPATEN LAMONGAN AJAK SELURUH STAF UNTUK TETAP SEMANGAT DAN KOMITMEN TERHADAP TUGAS YANG DIEMBAN

LAMONGAN – Seperti biasanya, rutinitas Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lamongan pagi ini diawali dengan Apel Pagi dihalaman Gedung kantor Dinas PMD Kabupaten Lamongan. Dengan susunan petugas apel yang selalu berbeda disetiap harinya, Apel pagi yang dipimpin langsung oleh Bapak M. Zamroni, S.Sos., M.Si selaku Kepala Dinas PMD Kabupaten Lamongan diikuti oleh seluruh jajaran pimpinan dan staf, Senin (15/07/2024).Dalam arahannya, Zamroni menyampaikan bahwa banyak tantangan yang harus dihadapi bersama karena tidak hanya masalah sumber daya dan program kerja pada tahun ini. Maka pada kesempatan kali ini diawal semester II ini Kepala Dinas PMD Kabupaten Lamongan menyelenggarakan evaluasi kinerja terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan yang telah dilaksanakan.Zamroni pada saat itu pun juga mengajak seluruh staf untuk tetap semangat dan komitmen terhadap tugas-tugas yang diemban guna membangun Dinas PMD Kabupaten Lamongan kearah yang lebih baik lagi.“… Tetap semangat dan tetap komitmen untuk membangun Dinas PMD Kabupaten Lamongan ini kearah yang lebih baik lagi kedepan … “, Ujar Zamroni.

Selengkapnya
HADIRI KEGIATAN DESIMINASI AUDIT STUNTING SEMESTER I KABUPATEN LAMONGAN

LAMONGAN – Pemerintah Kabupaten Lamongan melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana menggelar kegiatan audit stunting semester I untuk OPD terkait penanganan percepatan penurunan stunting di Kabupaten Lamongan. Dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa diwakili oleh kepala Bidang Partisipasi dan Lembaga Kemasyarakatan Desa, Hertin Kusumaningtyas, SP., MM. Acara desiminasi audit stunting semester I ini diselenggarakan di ruang Command Center gedung Pemda Lamongan dan didimpin langsung oleh Wakil Bupati Lamongan, Drs. KH. Abdul Rouf, M.Ag. Kamis (11/07/2024).

Selengkapnya
HADIRI BIMTEK DAN SOSIALISASI REPLIKASI DESA ANTIKORUPSI

MALANG – Dalam rangka pembentukan calon percontohan Desa Antikorupsi di Jawa Timur, serta menindaklanjuti Pra Sosialisasi Program Desa Antikorupsi yang dilaksanakan secara daring, maka selanjutnya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur menggelar kegiatan Bimbingan teknis dan sosialisasi replikasi desa antikorupsi di The Aliante Hotel and Convention Center Malang. Kamis (11/07/2024). Dari Kabupaten Lamongan diwakili oleh Inspektur Pembantu Wilayah 1 Kabupaten Lamongan, Zuhrotun Nisak, SE., M.S.A.Ak, Kabid Pemerintahan Desa DPMD Kabupaten Lamongan, Mch. Zamroni, S.Sos., M.Si dan Pranata Hubungan Masyarakat Dinas Kominfo Kabupaten Lamongan, Wawan Teguh Afriyanto, SE.Mulai tahun ini Pemerintah Kabupaten Lamongan membentuk dan mendelegasi Desa usulan replikasi desa antikorupsi, yakni Desa Brangsi Kecamatan Laren, Desa Parengan Kecamatan Maduran dan Desa Jatirenggo Kecamatan Glagah.Kegiatan sosialisasi dan bimtek replikasi desa antikorupsi ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas PMD Provinsi Jawa Timur, Ir. Budi Sarwoto, MM yang kemudian disusul dengan penjelasan beberapa materi diantaranya konsep program desa antikorupsi, persiapan replikasi desa antikorupsi, keterbukaan informasi dan pemanfaatan media dalam mewujudkan desa antikorupsi serta aspek dan indikator penilaian desa percontohan antikorupsi.

Selengkapnya
DINAS PMD KABUPATEN LAMONGAN GELAR SOSIALISASI PENGGUNAAN DANA DESA TAHUN 2024 PADA DESA LINTASAN KERETA API

LAMONGAN – Urgensi pembangunan palang pintu perlintasan kereta api difokuskan pada desa-desa yang berada pada perintasan kereta api, hal ini dilakukan guna keselamatan masyarakat yang berada pada perlintasan kereta api tersebut. Atas dasar hal ini, Pemerintah Kabupaten Lamongan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lamongan menggelar sosialisasi penggunaan dana desa tahun 2024 pada desa lintasan kereta api. Rabu (10/07/2024).Dijelaskan oleh Kepala Dinas PMD Kabupaten Lamongan, M. Zamroni, S.Sos., M.Si bahwa pada tahun ini pemerintah menyarankan penggunaan dana desa dialokasikan untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan dengan pembangunan palang pintu perlintasan kereta api. Hal ini guna mewujudkan dan mendukung program dari Dinas Perhubungan Kabupaten Lamongan dari segi keamanan dan keselamatan warga desa pada perlintasan kereta api.

Selengkapnya
15 DESA DI KECAMATAN KARANGGENENG BERSTATUS “DESA MANDIRI” DALAM INDEKS DESA MEMBANGUN (IDM) TAHUN 2024

LAMONGAN – Indeks Desa Membangun (IDM) pada tahun 2024 di Kabupaten Lamongan mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Kali ini Kecamatan Karanggeneng, pada tahun ini Kecamatan Karanggeneng memperoleh sebanyak 15 Desa berstatus Desa Mandiri, dan sebanyak 3 Desa berstatus Desa Maju. Hal ini diketahui pada saat pelaksanaan penandatanganan berita acara penetetapan hasil Indeks Desa Membangun (IDM) di wilayah Kecamatan Karanggeneng, Selasa (09/07/2024) dipendopo Kecamatan Karanggeneng.Penandatanganan berita acara penentapan indeks desa membangun (IDM) Kecamatan Karanggeneng disaksikan langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lamongan, M. Zamroni, S.Sos., M.Si.Zamroni pada kesempatan tersebut berharap semoga kedepan dari implementasi IDM ini dapat tercipta desa-desa yang mandiri secara menyeluruh, masyarakat desa yang memiliki akses yang baik terhadap pendidikan, kesehatan, infrastruktur, serta peningkatan kesejahteraan dan pendapatan masyarakat desa secara keseluruhan.

Selengkapnya