PUSKESMAS TURI

Artikel Puskesmas Turi

Pelatihan PPGD dasar (Penanggulangan Penderita gawat Darurat) bagi Driver Mobil Sehat se-Kecamatan Turi

Untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan masyarakat "orang awam" dalam memberikan pertolongan pertama yang harus dilakukan pada korban gawat darurat sebelum ditangani oleh tenaga medis dan atau sebelum penderita dirujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan, maka Puskesmas Turi Kabupaten Lamongan mengadakan pelatihan PPGD dasar (Penanggulangan Penderita gawat Darurat) bagi Driver Mobil Sehat se- wilayah Kecamatan Turi. Pelatihan ini dilaksanakan dengan metode ceramah dan tanya jawab serta dilakukan praktek serta simulasi tentang penanganan kegawatdaruratan.Diharapkan dengan pelatihan ini Driver Mobil Sehat menjadi mengerti tentang pertolongan pada pasien dengan keadaan gawat darurat, mampu memberikan bantuan hidup dasar, mampu memberikan pertolongan pertama pada kasus kegawatdaruratan, mampu mengendalikan situasi agar dalam penanganan pasien gawat darurat tidak panik, serta mampu memberikan rujukan ke pelayanan kesehatan yang tepat.

Selengkapnya
Kegiatan LASERKU Puskesmas Turi

LASERKU (Lamongan Sehat dan Sejahtera dengan Kunjungan Rumah), merupakan inovasi Kabupaten Lamongan yang bertujuan memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada kelompok rentan dan desabilitas dengan layanan jemput bola berupa Home Care Service. hal ini dilakukan guna peningkatan mutu pelayanan kesehatan yang berkeadilan untuk semua orang.Puskesmas Turi selalu berupaya untuk mendukung inovasi tersebut dengan memberikan layanan Home Care Service terutama pada kelompok disabilitas karena banyak kendala untuk dapat mengakses layanan secara langsung terutama faktor jarak dan transportasi. dengan layanan jemput bola diharapkan kelompok rentan dan disabilitas bisa terlayani kesehatannya dengan baik sehingga derajat kesehatannya meningkta.Layanan home care service Puskesmas Turi dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah dilaksanakan dan insidental terhadap kasus-kasus khusus. kegiatan ini dilakukan bersama-sama dengan lintas sektor, aparatur desa, kecamatan, Koramil, Polsek serta berbagai pihak yang terlibat.Diharapkan kegiatan ini bisa dilaksanakan secara berkesinambungan, tepat waktu, tepat sasaran dan mendapat dukungan dari semua pihak.

Selengkapnya
PELAYANAN KONSELING KESEHATAN LINGKUNGAN TERPADU

Kondisi lingkungan yang ada di masyarakat mempengaruhi status kesehatan, misalnya penyakit tuberculosis yang erat kaitannya dengan kondisi rumah dengan pencahayaan kurang. Oleh karena itu,  programer kesehatan lingkungan Puskesmas Turi membuat pelayanan konseling terpadu. Jadi kalau misalnya ada pasien dengan kondisi penyakit karena permasalahan lingkungan di rawat jalan maka nanti bisa dirujuk untuk mendapatkan konseling secara khusus ke programer kesehatan lingkungan. Pelayanan terpadu tersebut diharapkan dapat mencegah penyakit tersebut berulang terjadi karena penyebab utama penyakit mulai diatasi tidak hanya dengan tindakan kuratif saja menggunakan obat-obatan. Pengenalan pelayanan konseling kesehatan lingkungan terpadu sudah dilakukan pada hari senin tanggal 7 November 2022 di ruang tunggu pasien rawat jalan.  

Selengkapnya
ANAK PAUD KENAL POLI GIGI

Jumat, 23 September 2022. Jika pada hari biasa Puskesmas Turi dipenuhi dengan antrian pasien rawat jalan, namun pagi itu halaman puskesmas dipenuhi dengan anak-anak dari PAUD BAHRUL ULUM dalam rangka kunjungan dan pengenalan ruangan yang ada di Puskesmas Turi terutama Poli Gigi. Acara penyambutan dimulai pukul 08.30 WIB tepat, dimulai dengan penyambutan  Siswa/siswi PAUD di depan Puskesmas Turi, dan Selanjutnya anak-anak di jelaskan letak tiap ruangan yang ada di Puskesmas Turi mulai dari ruang loket, ruang farmasi, ruang laboratorium, kasir, poli umum, poli lansia, poli KB, poli KIA, poli gigi dan area bermain ramah anak. Anak-anak di arahkan ke ruang aula untuk diberikan penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut, cara menggosok gigi yang baik dan benar sesudah sarapan dan sebelum tidur, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Agar anak tidak bosan dengan materi, anak-anak di ajak menonton film animasi dan bernyanyi bersama.Anak-anak dibimbing menuju ke poli gigi Puskesmas Turi dan ditemani guru serta ustadzah dari sekolah. Mereka secara bergantian masuk untuk diperkenalkan dengan alat-alat yang ada di poli gigi, tujuannya agar mereka tidak takut dengan pemeriksaan gigi dan mulut Di ruang gigi, anak-anak diperkenalkan pada profesi dokter gigi yang bertugas untuk memeriksa kesehatan gigi pasien. Bagi anak yang berani menjadi relawan untuk menjadi pasien dipersilahkan duduk di kursi pemeriksaan gigi. Semua terlihat antusias dan gembira.Pengembangan anak usia dini memiliki peran penting dalam pembentukan karakter anak seperti kedisiplinan, kejujuran, kerjasama juga pertumbuhan serta perkembangan fisik anak, kecerdasan, daya cipta, kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual. Perkembangan anak usia dini, terutama pendidikan karakter merupakan pondasi awal bagi pertumbuhan dan perkembangan. Untuk menumbuhkan karakter unggul pada anak, anak perlu diajarkan dan dibiasakan menjalankan nilai-nilai tertentu. Salah satunya adalah menjaga kesehatan dan kebersihan sejak dini termasuk kebersihan gigi dan mulut. Kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara berkesinambungan di kegiatan Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) Tingkat TK dan PAUD. Mari wujudkan puskesmas ramah anak. 

Selengkapnya