BAGIAN PENGADAAN BARANG DAN JASA

Artikel Bagian Pengadaan Barang Dan Jasa

Studi Tiru ke UKPBJ Kabupaten Tulungagung

Pada tanggal 30 Maret 2023 yang bertepatan dengan pelaksanaan puasa ramadhan, UKPBJ Lamongan melaksanakan studi tiru ke UKPBJ Tulungagung. Studi tiru yang bertempat di ruang rapat UKPBJ Tulungagung ini berjalan dengan lancar. Adapun peserta studi tiru ini adalah Kepala UKPBJ beserta anggota pokja pemilihan, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan tim teknis Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan selaku pengguna jasa, serta perwakilan dari Inspektorat, Dinas PRKPCK, dan Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Lamongan selaku tim teknis kegiatan.Alasan memilih UKPBJ Tulungagung sebagai tujuan studi tiru adalah karena Tulungagung baru selesai melaksanakan pembangunan rumah sakit di Kecamatan Campurdarat yang dilaksanakan dalam tiga tahap pada tahun 2021 dan 2022. Selain personil UKPBJ Tulungagung, Direktur RSUD Campurdarat beserta tim juga turut hadir dalam kegiatan rapat studi tiru ini. Tiga materi yang menjadi pokok bahasan pada kegiatan studi tiru ini yaitu :Terkait dengan pendampingan pelaksanaan kegiatan, mulai dari tahapan persiapan sampai dengan terselesaikannya konstruksi bangunan.Persyaratan dan metode pemilihan pada tahapan pemilihan penyedia.Hal-hal yang dilakukan Pejabat Pembuat Komitmen dalam pengendalian pelaksanaan kontrak sehingga dapat terlaksana sesuai dengan spesifikasi yang direncanakan dan pengendalian waktu pelaksanaan.Dengan dilaksanakannya kegiatan studi tiru dini, diharapkan pembangunan rumah sakit di Kecamatan Brondong dapat terlaksana tepat waktu dan sesuai target sehingga manfaatnya bisa segera dirasakan oleh masyarakat.

Selengkapnya
Sosialisasi Penerapan TKDN oleh Cak Mustofa

Pada hari Senin kemarin tanggal 20 Maret 2023 telah sukses dilaksanakan Sosialisasi Penerapan TKDN dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dengan menghadirkan narasumber dari Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI) yaitu Bapak Mustofa atau yang biasa dipanggil Cak Mustofa. Dalam sosialisasi ini hadir perwakilan dari 72 OPD di Kabupaten Lamongan. Bertempat di Ruang Rapat Airlangga Gedung Pemkab Lamongan Lantai 3, sosialisasi yang diisi langsung oleh Cak Mustofa ini berlangsung sangat seru dan interaktif.Adapun materi pokok yang dibahas pada sosialisasi ini yaitu :Definisi Produk Dalam Negeri dan Produk Unggulan IndonesiaKetentuan Penggunaan Produk Dalam Negeri dalam Pengadaan Barang/Jasa PemerintahPara pihak yang terlibat dalam Peningkatan Penggunaan Produk Dalam NegeriPenerapan persyaratan Penggunaan Produk Dalam Negeri pada setiap tahapan PBJ PemerintahPraktek pencarian nilai TKDN & BMP pada website Kemenperin : tkdn.kemenperin.go.idDengan terselenggaranya sosialisasi ini, diharapkan para pelaku pengadaan barang/jasa pemerintah di lingkup Kabupaten Lamongan tidak lagi asing dengan Produk Dalam Negeri dan bisa memperhitungkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dengan tepat, sehingga implementasinya dapat berguna bagi kemajuan pembangunan infrastruktur Kabupaten Lamongan.

Selengkapnya
Rapat Koordinasi Inventarisasi Paket Tender Tahun Anggaran 2023

Rapat koordinasi terkait inventarisasi paket tender tahun anggaran 2023 dilaksanakan tanggal 20 Januari 2023 bertempat di ruang rapat Airlangga Gedung Pemkab Lamongan. Rapat yang dipimpin dan dibuka oleh Bapak Drs. Moh. Nalikan, MM. (Sekda Kabupaten Lamongan) ini berlangsung dengan lancar dengan dihadiri oleh 20 OPD di Kabupaten Lamongan. Turut hadir juga Bapak Ir. Suyatmoko, M.MA (Kepala Bappelitbangda Kabupaten Lamongan). Rapat diisi dengan penyampaian beberapa poin penting terkait pelaksanaan tender tahun 2023 oleh Bapak Moh. Nalikan dan Bapak Ir. Suyatmoko, diantaranya :Sarana dan prasarana terutama proyek jalan agar diselesaikan sebelum Idul Fitri, supaya hasil dari pembangunan bisa dirasakan segera oleh masyarakat.Mitigasi resiko dari pekerjaan tender harus diperhatikan.Sebelum melaksanakan paket tender, para OPD diharapkan bisa melakukan survey lapangan terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi lapangan dan untuk menghindari kesalahan koordinat tempat.Rapat juga diisi dengan desk masing-masing OPD oleh Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setdakab Lamongan. Diharapkan setelah terlaksananya kegiatan ini, kegiatan tender yang akan dijalankan bisa terlaksana dengan baik dan tepat waktu.

Selengkapnya
Monev Penginputan SIRUP P-APBD Tahun Anggaran 2022

Monitoring dan evaluasi penginputan Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) P-APDB Tahun Anggaran 2022 telah dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 9 sampai 10 November 2022 kemarin. Dalam kegiatan ini dilakukan sesi monitoring dan evaluasi pengisian SIRUP seluruh OPD di Kabupaten Lamongan serta tanya jawab seputar aplikasi SIRUP. Ditekankan kepada seluruh OPD agar segera melakukan penginputan SIRUP P-APBD Tahun Anggaran 2022 dikarenakan dalam waktu 2 bulan di Tahun Anggaran 2023 sudah mulai dilakukan penginputan APBD baru.

Selengkapnya