Oktober

21

 2021

Lamongan Dukung Strategic Foresight BPK



Bupati Lamongan Yuhronur Efendi bersama kepala OPD terkait mengikuti Grand Launching Buku Pendapat (Strategic Foresight) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) secara virtual di ruang kerja Pemkab Lamongan, Kamis (21/10).

Ketua BPK RI Agung Firman Sampurna menyampaikan, dengan rampungnya hasil foresight BPK tentang membangun kembali Indonesia dari Covid-19: skenario, peluang dan tantangan pemerintah yang tangguh, untuk yang pertama kalinya, BPK RI akan menjadi BPK ke-12 di dunia yang telah mencapai peran tertinggi serta menjadi BPK ke-2 di Asia setelah Korea Selatan dan yang pertama di Asia Tenggara.

"Apa yang kami lakukan ini bukan launching buku tetapi kami mengumumkan hasil foresight BPK. Setiap tahun BPK RI menyerahkan dan mengumumkan hasil pemeriksaan keuangan mandatorinya dan disampaikan kepada entitas dan pemerintah pusat dan  diacarakan secara khusus," kata Agung.

Selain peluncuran buku foresight, BPK RI juga melaunching situs resmi strategic foresight yang dapat diakses semua pihak. Maka keterlibatan berbagai pihak dalam membawa Indonesia menuju kearah lebih baik menjadi hal penting yang harus dikembangkan.

“Foresight BPK dilakukan dalam rangka untuk menghadapi era ketidak pastian yang segala sesuatunya berjalan secara cepat, kompleks dan serba keragu-raguan. Untuk itu BPK menyusun scenario planning yang diharapkan dapat menentukan keberhasilan Indonesia dalam penanganan Covid-19 maupun pandemi, bencana atau krisis global dikemudian hari,” ungkap Agug.

Lebih lanjut Agung Firman menjelaskan bahwa penyusunan buku Foresight BPK bertujuan agar kebijakan yang diambil oleh para pemangku kepentingan memiliki pertimbangan dari berbagai perspektif, termasuk dari Foresight BPK. Dengan demikian, akan dicapai sasaran yang dikehendaki dan berjalan secara efektif, akuntabel, dan memenuhi aspek transparansi.

Sementara itu, Bupati Yes, sapaan akrab Bupati Lamongan usai mengikuti grand launching mengungkapkan, melalui peluncuran foresight akan sangat membantu pemerintah, khususnya pemerintah daerah dalam menentukan arah kebijakan yang akan diambil ketika menghadapi situasi yang tidak diinginkan.

“Pemerintah Kabupaten Lamongan akan terus mendukung upaya pemerintah, dalam hal ini BPK RI. Dengan peluncuran buku foresight ini akan sangat terbantu. Apalagi semua planningnya dilakukan saat terjadi pandemi,” tutur Bupati YES.

Web Instansi

Pengunjung

Hari Ini ..
Kemarin 0
Minggu Ini ..
Minggu Lalu 0
Bulan Ini ..
Bulan Lalu 0
Tahun Ini ..
Semua ..

© Pemerintah Kabupaten Lamongan 2022

#LaporPakYES