DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN LAMONGAN

Berita

Berita 20 Juni 2024

SOSIALISASI ALIH MEDIA ARSIP DESA

LAMONGAN - Kamis 20 Juni 2024 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan melaksanakan Sosialisasi Alih Media Arsip Desa yang bertempat di Aula Cendikia. Peserta sosialisasi adalah 2 (dua) Sekretaris Desa dari masing-masing Kecamatan di Kabupaten Lamongan. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Fida Nuraida memberikan sambutan sekaligus membuka acara tersebut, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan sosialisasi alih media arsip desa adalah untuk menyelamatkan arsip yang bernilai guna baik fisik arsip maupun informasinya, beliau berharap desa-desa yang menjadi perwakilan dapat membagikan informasi yang di dapatkan pada saat sosialisasi kepada desa-desa lain yang belum mendapatkan sosialisasi terkait alih media arsip desa.

Agus Buchori selaku narasumber menyampaikan bahwa dalam melaksanakan alih media arsip harus memperhatikan kondisi arsip dan nilai informasinya, pelaksanaan alih media hanya dilakukan terhadap arsip yang rapuh atau rentan rusak, arsip elektronik dengan format data versi lama yang perlu diperbarui, informasi yang terdapat dalam media lain yang sistemnya tidak ada pembaruan dan yang paling penting informasinya bersifat permanen.

Alih media arsip dapat dikategorikan sebagai salah satu bentuk preservasi preventif karena tujuannya untuk mencegah kerusakan dan juga hilangnya fisik arsip yang memiliki nilai guna, asset dan warisan bernilai sejarah, serta sebagai sumber informasi yang penting dan arsip sebagai alat bukti hukum.