Juni

26

 2024

Diskusi Publik Hari Anti Narkotika Internasional, Bahas Pencapaian, Legalitas, dan Hukum

 bakesbang
 23
 26-Juni-2024

Kabid Ideologi, Wasbang, dan Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya dan Agama Bakesbangpol Kabupaten Lamongan, Harum Istiana Irawati, menghadiri kegiatan Diskusi Publik Memperingati Hari Anti Narkotika Internasional yang diselenggarakan PC PMII Lamongan di Ndelik Cafe & Cars Wash, Rabu (26/6).

Dalam kegiatan tersebut, Harum bertindak sebagai pemateri bersama dengan Iptu Samsul Arifin dari Polres Lamongan dan Dr. Indra Tsani dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan.

Harum menyampaikan mengenai apa saja upaya-upaya Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkoba yang telah dilaksanakan oleh Pemkab Lamongan, khususnya Bakesbangpol sebagai Sekretariat Tim P4GN. Selain menyusun Raperda P4GN, Bakesbangpol telah melaksanakan sosialisasi kepada generasi muda yang bekerja sama dengan Polres, Dinas Kesehatan, Ormas LAN, dan Cabang Dinas Pendidikan.

Selain itu, lanjutnya, guna mengantisipasi penyebaran narkoba dikalangan institusi, Bakesbangpol juga melaksanakan tes urine kepada pegawai Pemerintah Kabupaten Lamongan, di mana pada tahun 2023 tes urine dilakukan di Satpol PP, Dinas Pendidikan, dan Bakesbangpol sendiri.

Adapun Iptu Samsul dari Polres Lamongan menjelaskan mengenai sisi legalitas dan hukum terkait narkoba. Pada dasarnya, terdapat perbedaan antara narkotika yang legal dengan yang ilegal. Kepemilikan dan penggunaannya pun tidak bisa sembarangan karena penggunaan yang legal hanya untuk keperluan medis.

Dr. Indra Tsani sebagai pemateri terakhir mengajak para peserta untuk bersama-sama menjauhi narkoba dengan mengisi kegiatan secara positif dan hidup sehat secara fisik maupun mental. Dengan hidup sehat, kemungkinan kecil seseorang tersebut akan timbul keinginan untuk menyalahgunakan narkoba.

Kegiatan ini penting untuk memberikan pemahaman kepada peserta yang merupakan anggota PMII. Para pemuda ini terlihat antusias untuk terlibat dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba. Harapannya, pemahaman yang didapat dari diskusi ini dapat menjadikan mereka aktif dalam menyuarakan pencegahan dan pemberantasan narkoba di lingkungan mereka.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik

Kontak

Jl. Lamongrejo No.92, Lamongan, Sidokumpul, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62214


bakesbangpol@lamongankab.go.id
(0322)321706

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Lamongan 2023