September

23

 2024

Rakor Penanggulangan Kemiskinan Lamongan

 prokopim
 108
 23-September-2024
 Meski estimasi angka kemiskinan ekstrem di Kabupaten Lamongan berdasar surat Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan mengalami penurunan dari 4,61 persen di tahun 2022 menjadi 0,64 persen di tahun 2023, Pemkab Lamongan tetap perlu melakukan percepatan untuk dapat menurunkan bahkan menghilangkan kemiskinan juga kemiskinan ekstrem. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Lamongan Abdul Rouf saat membuka Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan pada Senin (23/9) di Ruang Airlangga Pemkab Lamongan.

Menurut Pak Rouf, estimasi Angka kemiskinan ekstrem tingkat kabupaten/kota tahun 2023 ini bukan merupakan angka resmi statistik kemiskinan. Angka ini dihitung khusus sebagai rujukan internal bagi pemerintah daerah, terutama sebagai alat bantu dalam melakukan identifikasi dan evaluasi capaian upaya Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem, yang dapat digunakan sebagai dasar dalam melakukan perencanaan dan pengalokasian anggaran PPKE di tahun 2024.

"Kita harus berlari mengejar ketinggalan dan berinovasi untuk dapat menurunkan bahkan menghilangkan kemiskinan dan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Lamongan. Berbagai program sudah direncanakan dan dijalankan, ini akan tetap berkelanjutan dan terus-menerus kita evaluasi," terang Pak Rouf.

Ditambahkan beliau, bahwa agar PPKE ini tepat sasaran maka TKPD (Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah) yang merupakan gabungan dari semua perangkat daerah diminta mampu mendiagnosa kondisi kemiskinan dan kerentanan masyarakat.

"Saya harap penanganan Kemiskinan dapat dilakukan secara komprehensif, yaitu melihat kemiskinan tidak hanya melihat dari sisi pendapatan yang diterima perkapita, namun perlu adanya pendekatan yang menyeluruh dari sisi ekonomi, sosial, budaya dan letak geografis suatu daerah," imbuh Pak Rouf. (dir)
PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan  Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur
prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023