November

10

 2022

Sosialisasi Pendidikan Politik Perempuan dan Pemilih Pemula di Kecamatan Tikung

 bakesbang
 790
 10-November-2022

Pada hari Kamis (10/11) dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Perempuan dan Pemilih Pemula dengan Tema Peran Kaum Perempuan Dalam Suksesnya Pemilu Serentak Tahun 2024 oleh Bakesbangpol Kabupaten Lamongan di Pendopo Kecamatan Tikung.

Dalam sambutannya, Camat Tikung, Selamet Arifin, menjelaskan bahwa representasi perempuan di bidang politik masih jauh dari harapan. Karena itu, dirinya berharap dengan adanya kegiatan ini, pemahaman peserta dapat meningkat sehingga meningkatkan partisipasi perempuan dalam perpolitikan ke depannya.

Narasumber masih didapuk dari Universitas Islam Lamongan (UNISLA), yakni Mimatun Nasihah dan Suisno.

Mimatun menyampaikan materi yang berjudul “Partisipasi Politik Perempuan Sebuah Keharusan”. Dalam materinya, disampaikan bahwa perempuan dapat meningkatkan kesejahteraan kaum perempuan dengan berpolitik.

Kendala yang ada adalah dari sosial budaya dan sosiologis karena banyak masyarakat yang beranggapan bahwa perempuan tempatnya di rumah. Padahal, sudah banyak contoh perempuan modern yang terjun ke dalam politik. Banyak pula yang sukses menjabat sebagai camat, bupati, wali kota, menteri, atau bahkan presiden.

Materi kedua disampaikan oleh Dekan FH Unisla, Suisno. Dalam penyampaiannya, dijelaskan megnenai peran penting ibu-ibu sebagai pemilih atau orang yang dipilih. Pendidikan politik bagi perempuan harus mempunyai arah yang jelas menuju pada kemampuan kaum perempuan yang memiliki kekuatan penyadaran akan pentingnya pembebasan kaum perempuan terhadap marginalisasi politik terhadap kaumnya, sehingga kaum perempuan memiliki jati diri yang kuat dalam kiprah politiknya.

Pemahaman pentingnya pemilu itu perlu dipahami secara benar dan jelas oleh para pemilih pemula, yang mana berkenaan dengan anak-anak. Ketika anak-anak ke depan sudah waktunya, mereka akan bertanya kepada keluarga. Karena itu, dengan sosialisasi ini diharapkan juga dijelaskan ke anak-anaknya yang telah punya hak sebagai pemilih pemula.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi politik untuk sukses pemilu serentak tahun 2024 agar kualitas demokrasi di Lamongan dan Indonesia terus ditingkatkan menuju demokrasi substansial, demokrasi yang mengemban amanat rakyat dan Demokrasi yang lebih baik adalah demokrasi di mana perempuan tidak hanya memiliki hak untuk memilih tetapi untuk dipilih.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik

Kontak

Jl. Lamongrejo No.92, Lamongan, Sidokumpul, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62214


bakesbangpol@lamongankab.go.id
(0322)321706

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Lamongan 2023