April

06

 2023

Cangkrukan Kebangsaan di Desa Bluluk

 bakesbang
 291
 06-April-2023

Cangkrukan Kebangsaan kembali digelar pada Kamis (6/4). Kegiatan kali ini digelar di Balai Desa Bluluk, Kecamatan Bluluk, dengan menghadirkan Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Lamongan, Suhartono, sebagai narasumber.

Dalam penyampaian materinya, Suhartono mengajak peserta untuk kembali menyusuri kehidupan di era sebelum kemerdekaan. Dimulai dengan kemunculan kesamaan rasa yang kemudian dikristalkan dengan pembentukan Budi Utomo dan Sumpah Pemuda, sehingga memunculkan kaum nasionalis yang menghasilkan kemerdekaan Indonesia.

Karena kemerdekaan tidak diperoleh dengan mudah, Suhartono mengingatkan para peserta untuk menjaga kemerdekaan yang saat ini dirasakan dari ancaman-ancaman. Ancaman yang disebutkan meliputi individualisme yang mengikis rasa sosial dan empati dari apa yang terjadi.

Selain itu, ancaman lainnya adalah kemajuan teknologi informasi yang disertai dengan kurangnya literasi digital masyarakat sehingga mudah terpengaruh budaya dan berita yang negatif. Karena itu, Suhartono mendorong para peserta untuk melakukan cek terhadap suatu informasi.

Menurut Suhartono, untuk menghadapi ancaman tersbeut diperlukan pengetahuan untuk mengenali apa itu Indonesia. Kalau tidak mengenal, bagaimana rakyatnya bisa membela negara. Wawasan kebangsaan dalam hal ini menjadi penting untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air.

Kegiatan ditutup dengan yel-yel dan Salam Pancasila yang dikomandoi oleh Kabid Ideologi, Wasbang, dan Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya dan Agama, Erlina Marhaeni.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik

Kontak

Jl. Lamongrejo No.92, Lamongan, Sidokumpul, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62214


bakesbangpol@lamongankab.go.id
(0322)321706

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Lamongan 2023