KECAMATAN PUCUK

ESTAFET MAULID DAN GEBYAR SHOLAWAT NABI MUHAMMAD SAW


Maulid Nabi merupakan peringatan hari lahir Rasulullah Muhammad SAW sebagai tanda cinta umatnya. Pada tahun ini, peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW atau maulid nabi jatuh pada hari Sabtu, 8 Oktober 2022 di Ponpes Nurul Huda Desa Cungkup, dan dihadiri oleh Wakil Bupati KH. Abdul Rouf beserta Ibu Wakil Bupati Nyai Hj. Narti Rouf Sa'adah dan Foropimcam Pucuk.

Selama ini, Maulid Nabi sudah menjadi bagian dari tradisi umat Islam yang tidak bisa dipisahkan dari budaya Nusantara. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dijadikan sebagai moment untuk memperbanyak sholawat atau pujian kepada Nabi Muhammad SAW, dengan mengenang Nabi Muhammad dari lahir sampai meninggal. Kemudian.

yang kedua adalah bersyukur, sebagai umat islam, maka umat manusia masih diberikan sinar keimanan dan cahaya keimanan, sehingga patut bersyukur. Dengan merenung untuk mensyukuri, karena selaku umat, kita tidak pernah berjumpa, lalu jarak yang jauh dari sana ke sini, tetapi kita bisa mengaktualisasikan ajarannya, maka kita wajib bersyukur,"

Selanjutnya yang ketiga adalah menumbuhkan dan membangkitkan rasa cinta kepada Rasulullah SAW seiring dengan perkembangan zaman. Keempat adalah dengan meneladani. Sebagai umat harus meneladaninya. Nilai moral dapat dipetik dengan menyimak akhlak terpuji dan nasab mulia dalam kisah teladan Nabi Muhammad SAW. Mempraktikan sifat-sifat terpuji yang bersumber dari Nabi Muhammad SAW adalah salah satu tujuan dari diutusnya Nabi Muhammad SAW.

Sedangkan yang keempat adalah membangkitkan spirit perjuangan kembali, sehingga umat manusia juga dituntut untuk mengembang amanah dakwah atau estafet untuk melanjutkan perjuangan Nabi Muhammad SAW.