September

20

 2024

Hari Kunjung Perpustakaan, Pak YES Serahkan Ribuan Bantuan Buku untuk Taman Baca Masyarakat

 prokopim
 4
 20-September-2024

Memperingati Hari Kunjung Perpustakaan, Kamis (19/9), di Aula Cendekia Perpusda Lamongan, Bupati YES menyerahkan bantuan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) berupa 1.000 eksemplar buku dan 1 rak buku kepada 17 Perpustakaan Desa dan Taman Baca Masyarakat. Beliau berharap melalui bantuan ini, perpustakaan di Lamongan terus eksis sehingga dapat meningkatkan literasi untuk kesejahteraan masyarakat.

"Pemkab Lamongan terus mendorong supaya perpustakaan lebik eksis dan diminati generasi muda. Buku adalah jendela dunia. Apa yang dibaca mengakumulasi, menjadi watak dan pandangan, yang membentuk karakter generasi penerus Lamongan," ucap Pak YES.

Selain menyerahkan bantuan TPBIS, Bupati YES juga menyerahkan secara simbolis penempatan Sudut Baca Lentera (Literasi untuk Kesejahteraa) pada 13 titik, baik di desa maupun kecamatan. Pak YES berharap Sudut Baca Lentera ini menjadi salah satu cara untuk pembudayaan gemar membaca di masyarakat.

"Kita terus tingkatkan akses literasi yang lebih luas. Tadi diserahkan ke desa-desa supaya dibaca oleh warga desa. Membaca sekarang, menjadi pemimpin di masa depan," pesan Pak YES.

Pemkab Lamongan melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Lamongan terus melakukan terobosan untuk meningkatkan Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) di Lamongan. Terbukti dengan kenaikan TGM di Lamongan, dari 65,90 pada 2022 menjadi 66,21 pada 2023.

Selain pada sudut baca, masyarakat Lamongan juga dapat mengakses ebook secara online melalui aplikasi iLamongan yang menyediakan 681 judul buku dengan jumlah total 1.357 eksemplar. Berdasarkan data yang dihimpun Dinas Arpusda Lamongan, hingga Agustus 2024, tercatat 11.500 masyarakat melakukan kunjungan perpustakaan secara online.

Pada kesempatan ini, Bupati YES juga menyerahkan penghargaan Laporan Audit Kerasipan Internal. Penghargaan tersebut di antaranya untuk Perangkat Daerah dan Kecamatan dengan Unit Kearsipan Terbaik, Unit Pengolah Terbaik, Aplikasi Srikandi Teraktif, dan Best Effort. Hal ini sebagai apresiasi atas manajemen arsip yang baik.

Bupati YES juga menyumbangkan ratusan koleksi buku pribadinya kepada Perpusda Lamongan. Buku-buku tersebut akhirnya mendapatkan tempat khusus dengan nama YES Corner yang turut diresmikan hari ini.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan  Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur
prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023