September

17

 2024

Semakin Berdampak, Bupati YES Apresiasi Sekolah Orang Tua Hebat

 prokopim
 19
 17-September-2024

Mewisuda para peserta Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) Angkatan IV, Selasa (17/9), di Aula Gajah Mada Pemkab Lamongan, Bupati YES mengapresiasi keberhasilan SOTH dalam melahirkan para orang tua yang cakap dalam mengasuh anak. Hal ini berdampak pada optimalnya tumbuh kembang anak yang ditandai dengan menurunnya angka stunting di Lamongan.


"Pola asuh ini tak kalah penting dalam tumbuh kembang anak. Dengan SOTH ini akan memberikan dampak yg besar bagi pengembangan sdm di Lamongan. 
Terbukti penurunan stunting sangat tajam, dari 27.05% pada 2022 menjadi 9.4% pada 2023," ucap Pak YES.

Keberhasilan Lamongan dalam mengatasi stunting ini berhasil mengantarkan Lamongan meraih beberapa penghargaan. Salah satunya yakni Penghargaan Bangga Kencana dan Penghargaan Nasional Top 5 Kabupaten / Kota kategori penurunan prevalensi stunting tertinggi 2022-2023. 

"Alhamdulillah sudah 4 kali mendapatkan penghargaan atas penurunan stunting di Lamongan. Ini luar biasa, berkat intervensi yang juga dilakukan ibu-ibu semua. Berarti SOTH ini sangat bermanfaat," tegas Pak YES.

Sebanyak 432 peserta SOTH diwisuda hari ini. Wisudawan berasal dari 15 Desa yang tersebar di 4 kecamatan, di antaranya Ngimbang, Deket, Karanggeneng, dan Tikung.

"Alhamdulillah, tahun ini total 1.250 orang tua telah lulus SOTH. Kegiatan ini murni dibiayai dengan Dana Desa. Oleh karena itu, apresiasi juga untuk para Kepala Desa yang telah menunjukkan komitmennya dalam penurunan stunting melalui program ini," tambah Pak YES.

Eva Ardianti, salah satu wisudawan terbaik dari Desa Sungelebak, Karanggeneng, menyampaikan rasa terimakasihnya atas diselenggarakannya SOTH. Melalui SOTH, ia dapat belajar mengenai pendidikan anak, khususnya di era digital yang penuh tantangan.

"Menjadi orang tua memang tidak mudah, namun melalui pelatihan ini kami percaya dan lebih siap menjadi orang tua yang lebih baik untuk anak kami. Kami akan berusaha menerapkannya demi masa depan terbaik anak-anak kami," tuturnya.
PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan  Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur
prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023