Agustus

10

 2024

Rancangan P-APBD Lamongan 2024 Disetujui, Tuntaskan Jamula Hingga Pembangunan SDM

 prokopim
 157
 10-Agustus-2024

Lamongan, Prokopim-Menghadiri Rapat Paripurna DPRD Lamongan dalam rangka Persetujuan Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lamongan Tahun Anggaran 2024, Sabtu (10/8), Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menekankan bahwa P-APBD 2024 dimaksudkan untuk menuntaskan Program Jamula hingga pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas. 


"Poin penting yang perlu disampaikan dalam perubahan APBD ini, selain penuntasan jamula dan infrastruktur sektor lainnya, Pemerintah Kabupaten Lamongan berkomitmen dalam upaya membangun sumber daya manusia yang berkualitas, salah satunya diwujudkan dengan program prioritas Pendidikan Terintegrasi dan Gratis atau Program Perintis yang mana di dalamnya terdapat beasiswa untuk siswa dari keluarga kurang sejahtera dan berprestasi," ujar Pak Yes. 


Lebih lanjut, Beliau menjelaskan, hadirnya program Perintis memang ditujukan untuk memudahkan akses pendidikan dan fasilitas pendidikan. Jadi, tidak hanya ditujukan untuk siswa saja, melainkan untuk mengasah kompetensi pengajar, penyediaan fasilitas sarana dan prasarana lainnya. 


"Secara umum, selain ukuran kualitas kesehatan, kualitas pendidikan juga menjadi pengungkit utama dalam mengukur Indeks Pembangunan Manusia. Diharapkan capaian angka IPM Kabupaten Lamongan yang masuk kategori tinggi dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir bisa dipertahankan dan berkelanjutan sehingga misi 'Mencetak SDM Unggul Berdaya Saing dan Berakhlak yang Responsif Terhadap Perubahan Zaman' dapat terwujud," terang Pak Yes. 


Sebelumnya juga disampaikan Jubir Banggar M. Burhanudin, dimana dalam perubahan APBD Lamongan 2024 pendapatan daerah diproyeksikan menjadi Rp 3.583.779.399.000, belanja daerah dialokasikan sebesar Rp 3.530.693.407.241. Sehingga diperoleh surplus sebesar Rp 53.085.991.759 yang merupakan penyeimbang dari sisi pembiayaan netto yang mengalami defisit.

Dengan berbagai pertimbangan, masukan dan saran untuk kesejahteraan masyarakat Lamongan, dalam Rapat Paripurna tersebut P-APBD Lamongan 2024 disetujui untuk kemudian disahkan menjadi Perda. 


"Dengan disetujuinya perubahan APBD Lamongan 2024 mohon kiranya segera dilaporkan kepada Gubernur Jawa Timur untuk mendapatkan evaluasi sesuai peraturan perundang-undangan dan disahkan menjadi peraturan daerah," pungkasnya. 

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan  Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur
prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023