Bertepatan
dengan momen Hari Kebangkitan Nasional, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi
didampingi Wakil Bupati Abdul Rouf melaksanakan launching produk UMKM Lamongan
di retail modern, Kamis (20/5). Produk UMKM Lamongan ini resmi didistribusikan
dan dijual di retail modern ditandai dengan penandatanganan sertifikat
launching dan pelepasan merpati.
Diungkapkan
Bupati YES, ada sekital 50 an produk UMKM Lamongan yang diseleksi dan hasilnya
saat ini 16 produk sudah masuk di retail modern. “Saya yakin, produk IKM
Lamongan ini tidak akan mengecewakan, Lamongan sudah terkenal dengan ibu-ibu
yang kulinernya luar biasa. Sebelum masuk retail modern ini produk dites dulu,
diseleksi, dilihat bagaimana prospeknya juga. Dari sekitar 50 an produk yang
dimasukkan ada 16 produk yang hari ini sudah masuk,” ungkap YES.
YES
menambahkan, produk UMKM Lamongan ini tidak hanya dipasarkan di Lamongan, namun
juga di tempat lain. Oleh karena itu, YES berharap produk Lamongan tidak hanya
berhenti sampai di sini, namun bisa terus update, mengikuti pasar, serta
ketersediaan produk juga harus rutin.
“Jangan
sampai nanti sudah kerjasama, permintaannya besar, terus tidak siap. Jadi ini
sudah dipertimbangkan dengan berbagai hal dan tidak hanya dipasarkan di
Lamongan. Terima kasih, ini in-line dengan gerakan ayo beli produk Lamongan
yang substansi dan tujuannya adalah bagaimana supaya penjualan ataupun omset
penjualan IKM Lamongan bisa meningkat,” tambah YES.
Enam
belas produk Lamongan yang berhasil masuk retail modern yakni produk Bu Bintang
Krupuk Trasi, Jajanan Ibu Kembang Goyang, Jajanan Ibu Kuping Gajah, Jajanan Ibu
Pastel Mungil, Twinfood Jackfriut Coffee, An-Nur Kopi Rempah, An-Nur Wedang
Pokak, Kirana Teri Krezz, Jajanan Ibu Kerupuk Ikan Tengiri, Snackchat Akar
Kelapa, Baloon Ladu Sing Cemilan Kekinian, Snackchat Gapit Ketan Rasa Banwang,
2R Ting-Ting Rasa Original, 2R Kripik Singkong Ayam Panggang, Jozz Emping
Melinjo, dan Palupi Soes Kering Original.
“Kami
titip produk IKM dan UMKM Lamongan, agar terus bisa berkembang untuk
menyongsong kebangkitan ekonomi di Kabupaten Lamongan khususnya, di Jatim, dan
utamanya di Negeri Nusantara yang kita cintai ini,” tutup YES.
Ditambahkan
Branch Manager dari retail modern yang bekerjasama dengan UMKM lokal Lamongan,
Veronica Gratiawati, bahwa untuk masuk ke retail modern perusahaannya disortir
melalui 6 poin, yakni telah didaftarkan di Disperindag Lamongan, bersertifikat
halal, mencantumkan expired date, memiliki PIRT, dicek komposisi dan gramasi,
serta melalui uji kemasan. Ditambahkan juga oleh Veronika, selain dilakukan
pengecekan rasa konsistensi barang juga diperlukan, jangan sampai permintaan
tinggi namun barang tidak tersedia.”(PROKOPIM)
Hari Ini | 0 |
Kemarin | 0 |
Minggu Ini | 0 |
Minggu Lalu | 0 |
Bulan Ini | 0 |
Bulan Lalu | 0 |
Tahun Ini | 0 |
Semua | 0 |