Januari

31

 2024

Launching Peserta Pengimbasan Guru Penggerak Tahun 2024 di Lamongan

 prokopim
 97
 31-Januari-2024

Untuk mempercepat transformasi pendidikan juga mewujudkan pemerataan pendidikan di Kabupaten Lamongan, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi melaunching 2700 Peserta Pengimbasan Guru Penggerak Tahun 2024, pada Rabu (31/1) di Aula Gajah Mada Pemkab Lamongan. Pengimbasan ini dilakukan oleh 270 guru penggerak yang disebar di 27 kecamatan dengan target 2700 peserta dengan kuota 100 guru pengimbas di tiap kecamatan, dimana berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Lamongan dalam prakteknya jumlah pendaftar melebihi target.


Dalam kesempatan tersebut, Bupati Yes mengajak semua guru penggerak dan pengimbasan guru penggerak untuk meniatkan agar transformasi pendidikan di Lamongan semakin cepat dan merata. Beliau juga mengungkapkan keyakinannya bahwa pasti terdapat perubahan antara guru sebelum memperoleh pengimbasan guru penggerak dengan sebelum memperoleh pengimbasan, yang tentunya akan berdampak pada keprofesionalan guru dalam mengarahkan anak didiknyan.


"Tentu ada perbedaan setelah mendapatkan banyak hal dari guru penggerak maupun pengimbasan guru penggerak ini, yakni menjadi guru yang lebih profesional dalam mengarahkan anak didik kita menjadi generasi unggul, dan perlu digaris bawahi adalah yang berkarakter. Kabupaten Lamongan terus mendorong agar kegiatan-kegiatan ini tidak hanya pada sisi kuantitas, namun juga ada sisi kualitas yang terus menaikkan profesionalisme guru, kemampuan guru, untuk terus beradaptasi dengan kurikulum merdeka dan juga dunia yang terus berubah," ucap Pak Yes.


Selain itu, Kepala Bagian Umum BBGP (Balai Besar Guru Penggerak) Provinsi Jawa Timur Mohamad Nasikh Lil Sidi mengungkapkan kekagumannya karena Lamongan yang sempat menjadi perbincangan luar biasa dengan 1000 guru penggerak pada angkatan pertama, pada tahun ini berhasil mengimbaskan ilmu yang diperoleh pada 2700 guru lainnya. Beliau juga berharap ini akan terus dapat ditularkan pada guru-guru lain di wilayahnya.


"Hari ini ada 2700 guru, kalau satu orang mengimbaskan satu atau dua saja itu bisa kita hitung berapa jumlahnya, sehingga nanti akhirnya semua guru di Lamongan bisa terimbas dengan transformasi pendidikan, sehingga nanti kedepan pembelajaran kita akan menjadi lebih baik," kata Mohamad Nasikh.


Dilaporkan pula oleh Kepala Dinas Pendidikan Lamongan Munif Syarif, bahwa peserta pengimbasan ini diikuti oleh guru dari berbagai jenjang mulai PAUD, SD, hingga SMP di 27 kecamatan. Peserta pengimbasan diberikan modul program guru penggerak yang terdiri dari materi pokok, inti, dan penunjang yang bernilai 86 JP (Jam Pelajaran), serta memperoleh sertifikat.


"Kegiatan pengimbasan dilaksanakan secara selama tiga kali pertemuan, dengan muatan materi jumlah totalnya adalah 86 JP. Pelaksana pengimbasan adalah Komunitas Guru Penggerak Kabupaten Lamongan yang sudah dikukuhkan tahun 2023, tadi yang saya sampaikan sebanyak 270 guru penggerak," lapor Kadisdik Munif Syarif. (dir)

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan 

Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur

prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023