Agustus

28

 2023

Tingkatkan Kapasitas SDM Unggul Dengan Literasi

 prokopim
 133
 28-Agustus-2023

Bekerja sama dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Lamongan melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar Talk Show Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat Lamongan di Pendopo Lokatantra, Senin (28/8/2023). 


Membuka talkshow yang dinarasumberi oleh Prof. Dr. Zainuddin Maliki (Komisi X DPR RI), Drs. Sri Sumekar (Deputi Sestama Perpusnas), Anis Kartikawati (Bunda Literasi Kabupaten Lamongan) dan Shahnaz Haque (Aktris sekaligus Pegiat Literasi Keluarga), Bupati Yes mengungkapkan, bahwa literasi merupakan sebuah upaya dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia. Oleh karenanya, disetiap kesempatan, Ia mendorong masyarakat terutama generasi muda gemar membaca sehingga mempunyai daya saing unggul. 


"Literasi tidak hanya sekedar menulis atau membaca, banyak sekali termasuk literasi data, literasi humanitis hingga literasi budaya. Untuk itu, mari terus mendorong kegiatan literasi untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia agar SDM yang kita miliki mempunyai daya saing ditengah keterbatasan SDA," terang Pak Yes. 


Melalui tema 'Membangun Literasi Keluarga untuk Mewujudkan SDM Unggul dan Berkarakter', hal ini sejalan dengan ikhtiar yang terus digaungkan melalui program 18-21, dimana peran keluarga sangatlah penting, karena didalam sebuah kegiatan keluarga akan tumbuh proses kreatif anak dan pengembangan kecerdasan. Bahkan saat ini Indeks kegemaran membaca Kabupaten Lamongan menduduki angka 70,90%. 


"Menempati angka 70,90 persen dalam indeks kegemaran membaca (IKM), Lamongan akan terus mengupayakan literasi. Karena dengan literasi, manfaat besar akan terasa untuk perubahan pola pikir masyarakat lebih baik lagi. Saya ucapkan terima kasih kepada semuanya, orang tua, pegiat literasi dan para bapak ibu dewan yang terus bergandeng tangan untuk meningkatkan kualitas generasi kita dengan literasi. Peningkatan kapasitas ini merupakan kesiapan kita untuk menuju Indonesia emas 2045," imbuh Pak Yes. 


Sementara itu, diterangkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lamongan Farah Damayanti Zubaidah, 

Berbagai program untuk meningkatkan literasi sejah dini terus dilakukan, mulai dari peluncuran iLamongan, Titik Baca hingga program rutin Celengan (Cerita online Lamongan). 


Dalam kesempatan tersebut, Farah juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bergerak bersama membentuk ekosistem literasi yang dapat mendorong terwujudnya kesejahteraan masyarakat. 


"Membangun literasi yang berasal dari keluarga diharapkan dapat membentuk habit atau kebiasaan berliterasi pada anggota keluarga khususnya anak-anak, sehingga nantinya dapat menjadi budaya di masyarakat karena keluarga adalah lembaga pendidikan yang pertama dan utama," pungkas Farah. 


Selain menggelar talkshow, kegiatan peningkatan literasi juga didukung dengan beragam stand edukatif , mulai dari stand buku Al Mizan, Indi Literasi Club Lamongan hingga Melilea Indonesia. Serta penyerahan hadiah kepada duta baca Kabupaten Lamongan 2023 dan dan penyerahan bantuan buku siap layan perpusnas RI untuk perguruan tinggi dan komunitas di Lamongan.


PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan 

Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur

prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023