Agustus

28

 2023

Terus Dorong Potensi Desa, Lamongan Ingin Wujudkan Desa Berjaya

 prokopim
 130
 28-Agustus-2023

Membuka secara seremonial pelaksanaan Festival Dayung Perahu Tradisional Tahun Kedua di Bengawan Mati Desa Tejoasri pada Minggu (27/8), Bupati Yuhronur Efendi mengungkapkan bahwa perubahan status desa di Kabupaten Lamongan mengalami peningkatan yang luar biasa, dimana jumlah Desa Mandiri yang pada tahun 2022 tercatat 97 desa naik menjadi 166 desa di tahun 2023. Ditambahkan Pak Yes, salah satu diantaranya adalah Desa Tejoasri yang berhasil menginisiasi, menghidupkan potensi yang dimiliki (Bengawan Mati) dengan memunculkan event tahunan yang tentu berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat setempat.


"Alhamdulillah Kabupaten Lamongan saat ini dari 462 desa ada 166 Desa Mandiri, 238 Desa Maju, dan sudah tidak ada lagi desa tertinggal di Kabupaten Lamongan. Termasuk yang membanggakan salah satunya dari Desa Mandiri adalah Desa Tejoasri," kata Pak Yes.


Menurut Pak Yes, kemajuan dan perkembangan desa-desa di Lamongan tentu tidak terlepas dari inisiatif dan kreativitas masyarakatnya, didorong dengan kepemimpinan kepala desa yang berhasil melihat potensi dan mengarahkan menjadi hal yang luar biasa, sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian di wilayahnya.


"Tentu kemajuan dan berkembangnya desa-desa menjadi Desa Mandiri tidak terlepas dari inisiatif, dari kreativitas, dari kepemimpinan dan leadership kepala desa masing-masing. Untuk itu Pemerintah Daerah akan terus mendorong agar desa-desa di Kabupaten Lamongan ini menjadi desa-desa yang berjaya," imbuh Pak Yes.


Kepala Desa Tejoasri Yusuf Bakhtiar pada kesempatan tersebut juga mengucapkan terima kasih atas segera terealisasinya proses pembangunan jalan perikanan di sekitar Bengawan Mati. Tidak hanya itu, ia juga berharap diselenggarakannya festival ini akan semakin menghidupkan wisata desa yang dimiliki, menghidupkan ekonomi kreatif, juga melahirkan bibit-bibit atlet dayung Lamongan.


"Saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Bupati, karena sebentar lagi proses jalan perikanan sepanjang jalan ini akan segera terealisasi atas bantuan dari Dinas Perikanan, juga tentu Pak Bupati Lamongan. Mudah-mudahan dengan event dayung ini semakin menghidupkan wisata kita, semakin menghidupkan ekonomi kreatif masyarakat sehingga menciptakan masyarakat yang berdaya, juga bisa melahirkan bibit-bibit dayung di Lamongan," ujar Yusuf Bakhtiar.


Jika pada tahun sebelumnya festival ini hanya diperuntukkan masyarakat Desa Tejoasri, tahun ini berbeda. Diikuti oleh 32 peserta dari berbagai desa di Kabupaten Lamongan, festival ini dimenangkan oleh peserta dayung dari Dusun Pilang pada peringkat pertama, Desa Parengan peringkat kedua, Desa Sukorejo di peringkat ketiga, dan penambahan hadiah oleh Bupati Lamongan untuk peringkat keempat Desa Mluwur.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan 

Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur

prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023