Agustus

12

 2023

Program 1-10-100, Bantu Tuntaskan Permasalahan Stunting Lamongan

 prokopim
 268
 12-Agustus-2023


Lamongan, Prokopim - Pemerintah tengah gencar-gencarnya fokus dalam penanganan masalah stunting, hal ini sesuai instruksi Presiden Joko Widodo terkait target turunnya angka stunting Indonesia sebesar 14 persen di tahun 2024. Lamongan dengan angka stunting yang masih cukup besar yakni 27 persen dari target tahun 2024 juga terus mengupayakan percepatan penurunan angka stunting melalui berbagai program, salah satunya program TP PKK (Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) Lamongan yakni Orang Tua Asuh dan Program 1-10-100.

Diungkapkan Pak Yes saat menyerahkan secara simbolis bantuan sebagai Bapak Asuh dari 11 anak stunting di Desa Bandungsari Kecamatan Sukodadi pada Sabtu (12/8), seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terus mengupayakan terkait penanganan stunting, terlebih TP PKK Lamongan yang rutin blusukan ke desa-desa di Lamongan untuk memastikan kondisi permasalahan tiap desa.

"Jumlah balita stunting Lamongan berdasarkan data Dinas Kesehatan saat ini masih 2.929 anak, masih banyak. Seluruh dinas, seluruh OPD terus berupaya, ikut mikir, terlebih TP PKK ini luar biasa, turun sampai ke desa-desa, sehingga tahu persis apa yang terjadi di desa-desa. PKK bekerjasama dengan banyak pihak memiliki program namanya 1-10-100. Program ini diberikan dari orang tua asuh dalam bentuk 1 paket diisi untuk 10 balita stunting untuk 100 hari, paketnya itu 5 juta 1 paket," terang Pak Yes.

Pak Yes juga mengajak seluruh masyarakat untuk menyebarkan informasi terkait program ini juga program Orangtua Asuh, agar lebih banyak orang yang turut bergabung. "Disebarkan ke orang banyak, supaya yang jadi orang tua asuh itu semakin banyak, kita targetkan ditahun ini bisa ada 200 paket untuk anak balita, salah satunya dimulai di Bandungsari," tambahnya.

Ketua TP PKK Lamongan Anis Kartika Yes, mengatakan bahwa Desa Bandungsari sempat menjadi lokus stunting (lokasi khusus penanganan stunting) yang saat ini memiliki jumlah balita stunting 11 balita. Kesebelas balita ini kemudian dipilih sebagai Anak Asuh Bupati Yes yang nantinya secara sistem akan diberikan asupan makan siang selama 3 bulan berturut (100 hari).

"Jadi nanti sistemnya anak-anak njenengan akan diberikan makanan 1 hari 1 kali makan siang, sesuai menu yang dibuatkan ahli gizi puskesmas dengan budget 5 ribu per anak dalam sehari, diawasi TPK (Tim Pendamping Keluarga) untuk memastikan apakah makanan itu sudah diterima dan balita mau atau tidak. Saya minta setiap 2 minggu sekali ada pengukuran, baik berat badan, panjang badan, dan kesehatan secara umumnya, secara berkala dilaporkan dan kemudian kita evaluasi," kata Bu Anis Yes.

Dilaporkan Kepala Desa Bandungsari Hartono, bahwa desanya pada tahun 2023 memang menjadi desa lokus stunting, dengan awal jumlah balita stunting 17 anak, namun pada penimbangan terakhir sudah berkurang menjadi 11anak. Ia berharap pada akhir tahun 2023 nanti stunting di Bandungsari bisa hilang dan menjadi desa bebas stunting. (dir) 

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan 

Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur

prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023