BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN

Forkopimda Lamongan Gelar Rakor Eksternal Ops Ketupat Semeru 2024

Demi menjaga suasana tetap kondusif, aman dan nyaman saat perayaan Idul Fitri 1445 H/2024 M, Pemerintah Kabupaten Lamongan bersama Polres Lamongan, Kodim 0812 dan jajaran Forkopimda Lamongan membahas berbagai persiapan menjelang mudik lebaran dalam Rapat Koordinasi Eksternal OPS Ketupat Semeru 2024 di Gedung SKJ Polres Lamongan, Kamis (28/3).


Dalam arahannnya, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyampaikan, agar masyarakat tetap waspada dan berhati-hati dalam berkendara khususnya saat melewati perlintasan kereta api. Karena berdasarkan data Dinas Perhubungan Kabupaten Lamongan pemudik tahun ini akan meningkat 20 persen dari tahun sebelumnya dan sebagaian besar menggunakan transportasi kereta api.


Untuk itu, pemerintah daerah melalui dinas terkait akan meningkatkan kewaspadaan dalam penjagaan palang pintu kereta api.


"Kita harus lebih waspada dan mengantisipasi penjagan di perlintasan kereta api ini. Meskipun sudah banyak perlintasan dengan palang pintu, ada juga yang belum berpalang pintu. Dishub akan melakukan penjagaan. Namun, saya sampaikan kepada masyarakat karena akan banyaknya kereta api yang melintas, diharapkan agar selalu melakukan gerakan toleh kanan toleh kiri terlebih dahulu setelah keadaan aman baru menyebrang," ucap Pak Yes. 


Senada dengan Bupati Yes, Kapolres Lamongan AKBP Bobby Adimas Candra Putra menuturkan, Polres Lamongan bekerjasama dengan stakeholder akan mengerahkan 350 personil gabungan (TNI, Polri, tenaga kesehatan, Dishub, Satpol PP, hingga Pramuka) yang akan ditempatkan di empat titik pos pantau yakni di Alun-alun, Pos Babat, Terminal dan WBL untuk pengamanan selama perayaan Idul Fitri yang dimulai pada tanggal 4 hingga 16 April 2024. 


"Seperti tahun-tahun sebelumnya akan terjadi peningkatan mobilitas masyarakat bahkan juga setelah hari raya. Tentu meningkatnya mobilitas ini akan menimbulkan berbagai kerawanan kamtibmas antara lain kemacetan, antrian di SPBU termasuk tindak kriminalitas juga meningkat, ini perlu kita waspadai dan antisipasi. Untuk menjaga kondusifitas ini Polres Lamongan bekerjasama dengan stakeholder lainnya melakukan operasi ketupat semeru 2024 sehingga pelaksanaan perayaan Idul Fitri dapat berjalan dengan aman, nyaman dan lancar," terangnya. 


Sementara itu, Dandim Lamongan Letkol Arm Ketut Wira Purbawan menyampaikan, bahwa seluruh jajaran TNI siap membantu Polri dan Pemkab Lamongan dalam pengamanan mudik Lebaran di Kabupaten Lamongan.


“Kami seluruh jajaran Kodim 0812 siap mendukung dan berkolaborasi menciptakan keamanan bersama polres dan Pemkan Lamongan mengamankan jalannya perayaan Idul Fitri di Lamongan,” tutupnya.