BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN

Forsekdes, Motor Penggerak Utama Pemerintah Desa

Lamongan, Prokopim- Menghadiri acara Buka Bersama Forum Sekretaris Desa se-Kabupaten Lamongan sekaligus Santunan Anak Yatim di Gedung Serba Guna Made, Kamis (28/3), Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyampaikan apresiasinya atas kinerja sekretaris desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Melalui sinerginya dengan pemerintah daerah, Forsekdes memiliki andil penting sebagai motor penggerak utama pemerintahan desa.  


"Senang sekali bisa hadir di Forum Sekretaris Desa se-Kabupaten Lamongan. Saya menyampaikan terima kasih bahwa selama 3 tahun masa pemerintahan saya dan Kyai Abdul Rouf banyak hasil pembangunan yang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Ini berkat sinergitas kita semua, termasuk sekdes yang menjadi motor penggerak utama pemerintahan desa," ucap Pak Yes, sapaan akrab Bupati Lamongan. 


Untuk itu sebagai motor penggerak pemerintah desa, Pak Yes mengingatkan tugas berat sekdes , disamping urusan surat menyurat dan kearsipan, sekdes juga sebagai pelaksana urusan keuangan, pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, jadi harus terus belajar, menambah wawasan keilmuan dan keterampilannya, serta memahami tupoksi kerjanya, agar masyarakat merasa terlayani dengan baik dan benar. 


Dalam kesempatan ini, Pak Yes juga mengabarkan berbagai capaian positif yang berhasil dilakukan pemerintahan dibawah kepemimpinan Bupati Yes dan Wabup Abdul Rouf. Diantaranya Indeks Pembangunan Manusia Lamongan tahun 2023 mengalami peningkatan, yakni menjadi 74,52 lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara pertumbuhan ekonomi tumbuh positif sebesar 4,28 persen, indeks kualitas layanan infrastruktur tahun 2023 di angka 79,44, serta persentase penduduk miskin sebesar 12,42 persen, angka kemiskinan mengalami penurunan sebesar 0,11 persen dibandingkan tahun sebelumnya.


"Ini semua tidak dapat dicapai tanpa sinergitas seluruh elemen masyarakat," pungkasnya.