DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN KABUPATEN LAMONGAN

Berita

Berita 25 Juli 2024

PELATIHAN TEMATIK PERTANIAN DI BPP SARIREJO “PEMBUATAN ASAP CAIR”

PELATIHAN TEMATIK PERTANIAN DI BPP SARIREJO “PEMBUATAN ASAP CAIR”

LAMONGAN (25/07/2024) Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lamongan melalui Bidang Penyuluhan melakukan kegiatan Pelatihan Tematik Pertanian yang dananya bersumber dari dana DAK Non Fisik Tahun 2024. Kegiatan ini rutin dilakukan oleh Bidang Penyuluhan yang berkerjasama dengan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) seluruh kecamatan yang berada di Wilayah Kabupaten Lamongan.
Untuk kali ini Pelatihan Tematik Pertanian dilaksanakan di BPP Sarirejo. Tema yang diangkat ialah “PEMBUATAN ASAP CAIR”. Apa itu Asap Cair?. Asap Cair merupakan salah satu produk yang dihasilkan dari kondensasi asap hasil pembakaran bahan baku melalui proses pirolisis. Asap Cair juga bisa menjadi pestisida. Manfaat Asap Cair yaitu Menetralisir keasaman pH tanah, Pestisida organik, Mempercepat pertumbuhan akar, batang, umbi, daun, bunga, dan buah pada tanaman (ZPT) dan Sebagai pupuk organik pada tanah.
Untuk Pestisida Asap Cair berguna untuk mengendalikan Hama Tanaman, Hama yang bisa dikendalikan dengan aplikasi Asap Cair antara lain tikus, kutu daun, ulat penggerek, kutu kebul, belalang dan wereng. Sedangkan untuk penyakit pada tanaman antara lain layu fisarium, antraknose daun dan buah.
Cara Aplikasi Asap Cair ialah dengan cara penyemprotan tanaman terutama untuk pencegahan dengan dosis 15 ml/L. Apabila terdapat gejala serangan yang semakin tinggi larutan asap cair tersebut dapat dicampur dengan insektisida dan fungisida kimia.