DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN KABUPATEN LAMONGAN

Berita

Berita 20 Agustus 2024

ELNINO TIDAK MENGURANGI SEMANGAT PETANI LAMONGAN, PANEN RAYA PADI DI GAPOKTAN DAMARSARI SIDOKUMPUL

ELNINO TIDAK MENGURANGI SEMANGAT PETANI LAMONGAN, PANEN RAYA PADI DI GAPOKTAN DAMARSARI SIDOKUMPUL

Petani di Kelurahan Sidokumpul Kecamatan Lamongan berhasil lakukan panen raya padi di musim tanam kedua tahun 2024. 
Hadir untuk melakukan panen raya secara langsung, Selasa (20/8) di Kelurahan Sidokumpul, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi memberikan apresiasi kepada seluruh petani yang berhasil panen padi ditengah El Nino.
"Luar biasa petani di Sidokumpul karena berhasil panen dan produktivitasnya meningkat," tutur Bupati yang akrab disapa Pak Yes.
Dijelaskan oleh Ketua Gapoktan Dharmasari Nasikan, keberhasilan panen musim tanam kedua ini didukung oleh pengerukan Sungai Dapur. Yangmana diinisiasi oleh Dinas PU Sumber Daya Air dan swadaya petani di Sidokumpul.
Sehingga dengan pengerukan Sungai Dapur sepanjang 2 Km, dapat mengurangi sedimentasi disana. Dan lebih utamanya mampu menyiapkan ketersediaan air untuk pertanian di wilayah Sidokumpul.
"Yang menjadi kendala petani di Sidokumpul adalah ketersediaan air. Namun  petani ada inisiatif untuk mengeruk Sungai Dapur, yangmana didampingi oleh Dinas PU SDA Kabupaten Lamongan. Sehingga air dari Sungai Dapur bisa masuk ke lahan petani," jelas Nasikan.
Selanjutnya, Naikkan menjelaskan bahwa hingga hari ini sudah ada 40 Hektar sawah yang sudah melakukan panen. Dengan provitas 81 Ton per hektarnya.
"Panen raya hari ini bersamaan, dan akan berlangsung hingga 29 Agustus nanti," jelas Nasikan.
Tidak hanya kenaikan provitas padi, pada panen raya musim tanam kedua ini juga mengalami kenaikan harga gabah kering. Dinyatakan oleh Nasikan saat ini harga gabah kering mencapai 7.500 ribu rupiah.
Berdasarkan data dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lamongan, produktivitas padi hingga bulan Agustus sudah mencapai 845.805 Ton.

@yuhronur_yes