DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN KABUPATEN LAMONGAN

Berita

Berita 22 Agustus 2024

PELATIHAN TEMATIK PERTANIAN DI BPP SUKODADI “PEMBUATAN ASAM HUMAT CAIR (HUMID ACID)”

PELATIHAN TEMATIK PERTANIAN DI BPP SUKODADI “PEMBUATAN ASAM HUMAT CAIR (HUMID ACID)”

 

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lamongan melalui Bidang Penyuluhan melakukan kegiatan Pelatihan Tematik Pertanian yang dananya bersumber dari dana DAK Non Fisik Tahun 2024. Kegiatan ini rutin dilakukan oleh Bidang Penyuluhan yang berkerjasama dengan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) seluruh kecamatan yang berada di Wilayah Kabupaten Lamongan.

Untuk kali ini Pelatihan Tematik Pertanian dilaksanakan di BPP SUKODADI. Tema yang diangkat ialah “PEMBUATAN ASAM HUMAT CAIR (HUMID ACID)”. Penggunaan lahan pertanian secara terus-menerus ternyata bisa menurunkan kesuburan tanah dan memengaruhi produktivitas tanaman. Maka dari itu, petani perlu membantu menjaga kualitas tanah. Adapun salah satu cara mengatasinya adalah dengan memanfaatkan asam humat. Dengan memberikan asam humat maka dapat membantu meningkatkan kualitas tanah yang telah terdegradasi dan menurunkan risiko hilangnya nutrisi dari pupuk organik.

 

Apa itu Asam Humat dan apa fungsinya, Asam humat merupakan salah satu jenis unsur penyusun zat humat yang penting dalam pembentukan humus dan memperbaiki sifat kima, fisik,serta biologi tanah. Adapun Fungsinya ialah sebagai berikut:

a)    Memperbaiki sifat tanah baik secara fisik, kimia maupun bilogis tanah

b)   Dapat mengurangi keasaman pada tanah

c)    Mengikat endapan logam berat sehingga dapat mengurangi racun pada tanah

d)   Mampu menyerap air hingga 80 – 90 %

e)   Bersifat sebagai pembenah tanah 

f)    Dapat menghemat dalam penggunaan pupuk kimia

g)   Meningkatkan pertumbuhan akar tanaman dengan cara menstimulasi aktivitas mikrobiologi tanah