DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

DINAS ARSPUSDA SELENGGARAKAN VISITASI DAN PEMBINAAN PEPUSTAKAAN DI SMK SUNAN DERAJAT DAN SMKN 1 KALITENGAH

LAMONGAN - Rabu, 10 Mei 2023 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan bersama dengan Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur yang ada di Lamongan melaksanakan kegiatan visitasi dan pembinaan perpustakaan sekolah yang berlokus di SMK Sunan Derajat Paciran dan SMK Negeri 1 Kalitengah. Kegiatan ini dimaksudkan untuk monitoring, evaluasi, dan pembinaan perpustakaan sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP) hingga bisa terakreditasi oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

SMK Sunan Derajat Paciran menjadi lokus pertama dalam kegiatan ini. Dalam sambutan pembuka oleh  Kepala SMK Sunan Derajat Ahmad Hanif Ahsan disampaikan bila SMK Sunan Derajat memiliki +/- 1.300 siswa, 100 tenaga pendidik serta 54 rombel. Lokasi perpustakaan ada di lantai 2. tempatnya bersih dan nyaman. Untuk memudahkan pemustaka dalam mencari koleksi yang di perlukan, disediakan  e-katalog yang dirakit sendiri oleh TIM IT dari lembaga tersebut. Program pengembangan literasi sudah dilakukan sebatas pemenuhan kurikulum pendidikan untuk pengembangannya masih belum maksimal. Pihak sekolah sangat antusias dan menyambut baik kegiatan ini yang sebenarnya  sudah sangat ditunggu sejak lama.

Pembinaan dan pengarahan perpustakaan terkait  Standar Nasional Perpustakaan (SNP) disampaikan oleh  pustakawan sebagaimana amanat Undnag-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan bila Standar Nasional Perpustakaan tediri atas : standar koleksi perpustakaan, standar sarana dan prasarana perpustakaan, standar pelayanan perpustakaan, standar tenaga perpustakaan, standar penyelenggaraan perpustakaan, standar pengelolaan perpustakaan serta Pengajuan Nomor Pokok Perpustakaan (NPP).

Sebagai penutup kegiatan beberapa rekomendasi disampaikan oleh Drs. Achmad Karyawanto, MM. selaku ketua Tim sekaligus Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan antara lain agar pihak sekolah melakukan pengkinian data NPP yang sudah terdaftar sebelumnya, Melaksanakan perbaikan dan penyesuain terkait administrasi pengelolaan perpustakaan yang sudah ada dengan sesuai SNP serta dapat menggunakan aplikasi inlis lite untuk penyempurnaan aplikasi yang sudah ada sebelumnya. Inlislite  merupakan aplikasi dari Perpustakaan Nasional yang direkomendasikan untuk semua perpustakaan yang ada di seluruh wilayah Indonesia dan gratis. Fiturnya lebih lengkap karena memang khusus untuk semua jenis perpustakaan.

Selanjutnya lokasi kedua yaitu SMK Negeri 1 Kalitengah. Perpustakaan SMKN 1 Kalitengah memiliki  lokasi yang sangat strategis, berada di lantai satu, dekat pintu gerbang utama maupun tempat pembelajaran/ kelas sehingga memudahkan pemustaka untuk mengakses informasi di Perpustakaan. SMK Negeri 1 Lamongan memiliki +/- 800 siswa, 20 tenaga pendidik  dan  28 rombel. Design interior Perpustakaan SMKN 1 Kalitengah unik, menarik dan multi fungsi. Kepala Sekolah SMKN 1 Kalitengah Supa’at, S.Pd. M.Pd.  menyampaikan  bila pembangunan perpustakaan  menjadi salah satu program prioritasnya setelah pembangunan infrastuktur pada beberapa lokasi seperti pembangunan pagar sekolah, ruang dewan guru, ruang kerja kepala sekolah, toilet, serta ruang-ruang lainnya. Perpustakaan harus menjadi wahana sumber informasi yang sangat menyenangkan dan terwujudnya Perpustakaan Digital. Era Teknologi saat ini, yang semua aktivitas berdampinga dengan teknologi dan dituntut untuk mudah dan cepat sehingga perpustakaan tidak hanya menyediakan koleksi buku cetak tetapi juga e-book serta free wifi. Opearsional perpustakaan juga diharapkan berbasis digital, sehingga ketika pemustaka datang untuk meminjam buku maupun mencari informasi yang lain melalui internet bisa terlayani dengan cepat dan mudah. Agar pemustaka senang dan nyaman untuk berkunjung serta kegemaran membacanya meningkat,  di perpustakaan juga dilengkapi AC, music, perangkat computer (PC) dan free wifi.

 Sama seperti di lokus sebelumnya, Tim Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan menyampaikan terkait Standar Nasional Perpustakaan (SNP) sehingga situasi dan kondisi perpustakaan yang ada saat ini, penyelenggaraan perpustakaannya bisa  menyesuaikan dengan pedoman (SNP) yang ada demi terwujudnya penyelenggaraan perpustakaan yang baik dan benar sesuai dengan SNP Perpustakaan Nasional.  Sama seperti SMK Sunan Derajat bila Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) SMK Negeri 1 Kalitengah sudah terdaftar tetapi masih perlu dilakukan pengkinian data, apalagi Kepala Sekolah SMKN 1 Kalitengah juga berkenan untuk mengganti nama perpustakaan yang sebelumnya “Perpustakaan Nurul Ilmi” menjadi “Perpustakaan e-Horizon”.

Penggunaan aplikasi Inlist lite untuk pengelolaan perpustakaan masih dalam proses pengerjaan, untuk program pembudayaan kegemaran membaca seperti jadwal kunjungan perkelas maupun kegiatan lain yang bersinergi dengan kurikulum pendidikan  sudah terlaksana dengan baik. Titik fokus saat ini pada  terwujudnya  perpustakaan  berbasis digital dan bisa melaksanakan akreditasi perpustakaan nasional.

Kabid Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan Drs. Achmad Karyawanto , MM sangat senang dengan potret perpustakaan kedua lembaga yang dibina hari ini serta siap untuk melakukan pendampingan dan mengawal terus sampai akreditasi. Sementara Sutrisno mewakili dari Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Lamongan menyampaikan bila potret kedua lembaga yang divisitasi hari ini, hasil rekomendasi akan kami catat dan siap melaporkan kepada Bapak pimpinan. Pointer yang memang menjadi ranah dinas akan siap membantu dan menindaklanjuti sebagai bentuk dukungan Cabdin Lamongan kepada sekolah demi terwujudnya perpustakaan sekolah yang sesuai SNP dan  terakreditasi.