DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

PEMBINAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH MENUJU AKREDITASI PERPUSTAKAAN SMA/SMK

LAMONGAN - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lamongan melalui Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan bekerjasama dengan Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan melaksanakan pembinaan Perpustakaan Sekolah Menengah Atas. Dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 9 Mei 2023 dengan 2 lokasi pembinaan, yaitu SMAN 1 Mantup dan SMAN 1 Kedungpring.

Kegiatan pembinaan perpustakaan sekolah bertujuan untuk mewujudkan penyelenggaraan perpustakaan sekolah sesuai dengan standar nasional dan meningkatkan perpustakaan sekolah terakreditasi nasional di Kabupaten Lamongan. Akreditasi perpustakaan merupakan sistem untuk meningkatkan kepercayaan pemustaka (pengguna perpustakaan) terhadap kinerja perpustakaan serta menjamin konsistensi kualitas kegiatan perpustakaan.

Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan, Achmad Karyawanto memberikan arahan bahwa perpustakaan tidak hanya berkaitan dengan gedung dan buku saja, namun juga sistem penyimpanan, pemeliharaan, pengguna dan bagaimana cara menggunakan atau memanfaatkannya. Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang melayani siswa, guru dan karyawan dari suatu sekolah tertentu.

Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan melaksanakan kegiatan pembinaan, sesuai kewenangannya yaitu melakukan pembinaan terhadap seluruh perpustakaan sekolah di tingkat pendidikan dasar dan perpustakaan umum yang ada di wilayah Kabupaten Lamongan. Tim pembinaan yang turun dan terlibat membina ke sekolah adalah Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan didampingi Pustakawan.

Dalam pembinaan ini, fungsional pustakawan melakukan pembinaan terkait administrasi kelengkapan penyelenggaraan perpustakaan, seperti buku induk/inventris, tata letak ruang, tata letak koleksi bahan pustaka, klasifikasi, pembuatan nomor panggil atau label, laporan-laporan statistik perpustakaan, otomasi perpustakaan serta pengembangan perpustakaan sekolah dalam hal ragam kegiatan literasi yang mendukung program Gerakan Literasi Sekolah (GLS).