DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

PELAKSANAAN PROGRAM LITERASI SERU GOES TO SCHOOL

LAMONGAN - Sebagai salah satu upaya dalam membudidayakan gemar membaca di kabupaten Lamongan khususnya anak-anak, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan mengembangkan program Literasi Seru Goes To School. Dimana sebelumnya telah dilaksanakan program perpustakaan keliling ke sekolah-sekolah yang ada di kabupaten Lamongan, bedanya dalam program Literasi Goes to School ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan seperti program live celengan, inklusi sosial dan juga pengenalan anak-anak terhadap perpustakaan digital i-Lamongan.


Pada Kamis (04/05/2023/, dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan melaksanakan Literasi Goes to School di sekolah SDN 1 Mantup dan MIS Islamiyah Puter kecamatan Kembangbahu. Dalam pelaksanaannya, para siswa sangat antusias sekali mengikuti program literasi Goes to School.


Adapun sebelum pelaksanaan, sekolah-sekolah yang menjadi tujuan pelaksanaan ini dikonfirmasi terlebih dahulu terkait kesiapan acara. Acara dimulai pukul 09.00 dengan mendengarkan dongeng terlebih dahulu kemudian anak-anak diarahkan untuk membaca buku yang berada di mobil perpustakaan keliling. Tidak lupa juga para petugas Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan mengenalkan buku digital yang dapat dibaca melalui aplikasi iLamongan. Dengan pengenalan aplikasi iLamongan supaya anak-anak dapat memanfaatkan gadget dengan baik tidak hanya untuk bermain game saja.

Dengan program Literasi Seru Goes to School ini diharapkan dapat mengenalkan anak-anak pada buku bacaan serta meningkatkan kegemaran membaca pada anak.