DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

VISITASI, MONITORING DAN EVALUASI SUDUT BACA DESA BLAWI KECAMATAN KARANGBINANGUN

 

 Selasa, 11 April 2023 Tim Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan  melaksanakan visitasi, monitoring dan evaluasi sudut baca di Desa Desa Blawi Kecamatan Karangbinangun yang diterima langsung oleh Kepala Desa Blawi Drs. H. Choirul Huda beserta jajarannya. Mengawali kegiatan sambutan oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan Drs, Achmad Karyawanto, MM. Disampaikan dalam sambutan bila maksud dan tujuan  pelaksanaan kegiatan monitoring serta  evaluasi sekaligus pembinaan sudut baca ini untuk mengetahui kondisi lapangan sudut baca, perkembangan sarana prasarana maupun koleksi serta jumlah kunjungan. Kendala – kendala yang mungkin menjadi penghambat terselenggaranya operasional sudut baca.


 Sebagaimana amanat Undang-Undang 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan khususnya  pasal 50 bahwa Pemerintah dan pemerintah daerah memfasilitasi dan mendorong Pembudayaan Kegemaran Membaca sampai dengan pasal 48 ayat (2) sampai dengan ayat (4) dengan menyediakan bahan bacaan bermutu, murah dan terjangkau serta menyediakan sarana dan prasarana perpustakaan yang mudah diakses. Begitu pula dengan Peraturan Bupati Nomor 80 Tahun 2021 tentan kedudukan, susunan organisasi, tugas dan fungsi serta tata kerja Dinas Kearsipan dan  Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan, salah satu tugas Dinas adalah Pembinaan, Pengembangan, Pengawasan Perpustakaan serta Pembudayaan Kegemaran Membaca. Terdapat beberapa titik lokus sudut baca yang tersebar di Kabupaten Lamongan, salah satunya di Desa Blawi kecamatan Karangbinangun. ujar Drs. Achmad Karyawanto, MM. selaku kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan.

Adapun rekomedasi hasil monitoring dan sudut baca Desa Blawi Kecamatan Karangbinangun diantaranya perlu adanya petugas khusus yang diberikan surat tugas untuk menangani sudut baca sehingga lebih terorganisir dengan baik. Perlu adanya kegiatan penyiangan / mensortir buku-buku yang sudah tidak sesuai untuk dilayankan, setelah terkena banjir banyak buku-buku yang lembab dan tidak layak untuk dilayankan. Kemudian daftar buku-buku yang tidak layak tersebut bisa diusulkan untuk penghapusan karena isi buku sudah tidak bisa lagi terbaca / rusak. Sementara untuk  buku-buku yang masih ada bisa disampul agar lebih terawat.  

Lebih lanjut disampaikan juga bila yang juga perlu mendapat perhatian dari pihak Pemerintah  Desa  Blawi, selain  lokasi sudut baca yang sudah baik juga sinergitas Tim Penggerak PKK Desa, Karangtaruna, komunitas serta kolaborasi dengan lembaga pendidikan tingkat Paud/TK hingga SMA/SMK untuk bersama-sama  membangun budaya literasi di Desa Blawi.  Selain itu juga perlu adanya sosialisasi terkait keberadaan sudut baca sebagai wahana belajar dan berkegiatan masyarakat dan bisa didayagunakan secara gratis.

 

 

 

 

 

Kepala desa Blawi Kecamatan Karangbinangun Drs. H. Choirul Huda yang didampingi oleh Plt. Sekretaris Desa Blawi M. Jami’ul Akhi merespon baik kegiatan ini. Pemerintah  Desa  berusaha semaksimal mungkin akan menindaklanjuti apa yang menjadi rekomendasi oleh pihak Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan  sehingga sudut baca bisa dimanfaatkan  secara optimal oleh masyarakat dan terbangunnya ekosistem budaya literasi masyarakat.