DINAS ARPUSDA LAMONGAN LAKUKAN PENDAMPINGAN PRA AKREDITASI SMPN 4 LAMONGAN
LAMONGAN - Perpustakaan sekolah sebagai jantung Pendidikan di sekolah, mempunyai peranan penting dalam memberikan sarana pembelajaran bagi penggunanya yaitu siswa dan guru serta civitas akademika sekolah lainnya. Hal ini untuk memenuhi tujuan pendidikan. Oleh karena itu, perpustakaan sekolah diharapkan mampu menumbuhkan budaya gemar membaca melalui pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan sebagai sumber informasi dan sumber belajar.
Dalam rangka untuk meningkatkan mutu dan kualitas layanan perpustakaan sekolah, Perpustakaan SMPN 4 Lamongan mengagendakan untuk mengikuti akreditasi perpustakaan sekolah. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan sebagai lembaga Pembina di wilayah Kabupaten Lamongan turut mendukung program tersebut dengan melakukan kegiatan pembinaan dan pendampingan persiapan akreditasi perpustakaan sekolah pada perpustakaan SMPN 4 Lamongan, Jum’at (06/09/2024).
Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melakukan pembinaan dan pendampingan terkait persiapan yang telah dilakukan perpustakaan SMPN 4 Lamongan dalam mengikuti akreditasi perpustakaan. Tim Pembina Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan yang dipimpin oleh Ibu Rara Ari Palupiningrum, S.H., MM, selaku Plt. Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan didampingi oleh pustakawan ahli muda, Muhammad Ishkak, A.Md disambut hangat oleh Kepala Perpustakaan beserta pustakawan dan pengelola perpustakaan lainnya.
Selanjutnya, tim Pembina memberikan penjelasan terkait pelaksanaan akreditasi perpustakaan sekolah yang terbaru, dimana yang terdapat perubahan yang awalnya penilaian instrumen akreditasi perpustakaan menggunakan 6 (enam) komponen menjadi 9 (sembilan) komponen dengan jumlah indikator sebanyak 74. 9 (sembilan) komponen tersebut terdiri dari 1). Komponen Koleksi Perpustakaan 2). Komponen Sarana dan Prasarana Perpustakaan, 3). Komponen Pelayanan Perpustakaan, 4). Komponen Tenaga Perpustakaan, 5). Komponen Penyelenggaraan Perpustakaan, 6). Komponen Pengelolaan Perpustakaan, 7). Komponen Inovasi dan Krativitas, 8). Komponen Tingkat Kegemaran Membaca, dan 9). Komponen Indeks Literasi Masyarakat.