DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN LAMONGAN

Berita

Berita 14 Agustus 2024

MONEV DAN PEMBINAAN SUDUT BACA DESA GEGER GUNA PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN

LAMONGAN - Dalam upaya peningkatan kualitas layanan sudut baca, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan menyelenggakan kegiatan monitoring, evaluasi dan pembinaan sudut baca di Desa Geger Kec. Turi,

Desa Geger merupakan penempatan sudut baca sejak tahun 2019 sinergitas dengan Program Pemerintah Daerah Kabupaten Lamongan  DesaKU Pintar (Desa Karakter Unggul dan Pintar). Kondisi sarana prasarana ketiga lokus tersebut masih bagus dan layak, untuk koleksi sudut baca ada banyak penambahan dari jumlah koleksi awal. Jumlah kunjungan masih belum optimal karena pemerintah desa belum mendukung dengan kegiatan-kegiatan yang dapat menstimulan masyarakat untuk berkenjung ke sudut baca.

Sarana promosi dan publikasi terkait keberadaan sudut baca sebagai sumber informasi belajar masyarakat yang mudah, murah  juga masih belum optimal. Keberadaan sudut baca masih sebagai pelengkap dari fasilitas desa saja. Pada kegiatan ini, Tim Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan juga memberikan pembinaan terkait penyelenggaraan sudut baca dan kegiatan-kegiatan pendukung yang bisa dilakukan desa dengan sumber pendanaan APBdes.

Undang-undang Nomor 06 Tahun 2024 tentang Desa, Permendagri Nomor 20 Tahun 2028 tentang Pengelolaan Keuangan Desa serta Permendes PDTT Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa. Ketiga produk hukum tersebut bisa dijadikan acuan untuk penganggaran APBDes kedepannya untuk mendukung pengembangan literasi desa dan terwujudnya sumberdaya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.