DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN LAMONGAN

Berita

Berita 13 Agustus 2024

VISITASI, MONITORING DAN EVALUASI SUDUT BACA DI DESA SONGOWARENG KECAMATAN BLULUK

LAMONGAN – Selasa, 13 Agustus 2024 Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan mmelaksanakan visitasi, monitoring dan evaluasi sudut baca di Desa Songowareng Kecamatan Bluluk yang diterima secara langsung oleh Kepala Desa Songowareng, Adi Wibowo beserta para perangkatnya dan pendamping desa. Kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung kondisi dan situasi sudut baca yang ditempatkan di Desa Songowareng Kecamatan Bluluk mulai dari sarana prasarana, kelengkapan administrasi maupun kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan desa yang melibatkan keberadaan sudut baca.

Mengawali kegiatan monev sudut baca ini diawali dengan sambutan dan pembukaan dari Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan, Drs. Achmad Karyawanto, MM. Beliau menyampaikan bahwa maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan monev sudut baca ini untuk mengetahui kondisi lapangan dan perkembangan sudut baca yang telah ditempatkan di Desa Songowareng sejak tahun 2019. Selanjutnya Kepala Desa Songowareng, Adi Wibowo juga menyampaikan bahwa sejauh ini keberadaan sudut baca Desa Songowareng ini banyak dimanfaatkan oleh Masyarakat sekitar terutama anak-anak PAUD saat melakukan kegiatan kunjungan ke Balai Desa. Tidak hanya itu, siswa-siswi SD sekitar juga sering memanfaatkan sudut baca saat kegiatan MPLS. Lebih lanjut beliau juga menyampaikan kendala-kendala yang ada di sudut baca salah satunya yaitu kurangnya koleksi buku anak, mengingat Sebagian besar pengguna sudut baca Desa Songowareng ini adalah anak-anak dari tingkat PAUD sampai SD, meskipun sebelumnya memang sudah ada penambahan yang didapatkan dari hibah mahasiswa yang melakukan KKN.

Selanjutnya tim monev dari Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan melakukan pengecekan kondisi sudut baca mulai dari kondisi rak sudut baca yang masih baik, jumlah koleksi sudut baca yang saat ini berjumlah 139 judul buku serta kelengkapan administrasi lainnya seperti buku induk, buku kunjungan, SK pembentukan, dan sebagainya.