DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN LAMONGAN

Berita

Berita 13 Agustus 2024

LANJUTKAN VISITASI DAN SURVEY LOKASI PENEMPATAN SUDUT BACA 2024 DI DESA ARDIREJO KECAMATAN SAMBENG

LAMONGAN – Dalam rangka membudayakan kegemaran membaca Masyarakat di Kabupaten Lamongan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan terus berupaya untuk mendekatkan bahan bacaan yang berkualitas kepada Masyarakat melalui program kegiatan penempatan sudut baca di pusat pelayanan publik, desa/kelurahan maupun ditempat-tempat umum.

Sudut Baca Lentera (Literasi untuk kesejahteraan) merupakan salah satu program inovasi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan dalam mendukung pengembangan budaya literasi di Masyarakat. Melalui penempatan sudut baca ini diharapkan dapat membantu mendekatkan bahan bacaan kepada Masyarakat sehingga budaya literasi Masyarakat dapat meningkat.

Pada tahun 2024, terdapat 14 titik Lokasi penempatan sudut baca Lentera yang tersebar di beberapa kecamatan dan desa yang ada di wilayah Kabupaten Lamongan. Oleh karena itu, untuk memastikan dan melihat kelayakan Lokasi penempatan sudut baca Lentera, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan melalui Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan melaksanakan visitasi dan survey Lokasi penempatan sudut baca Lentera di Desa Ardirejo Kecamatan Sambeng, Selasa (13/08/2024).

Kegiatan visitasi dan survey lokasi sudut baca Lentera oleh tim pembinaan dan pengembangan perpustakaan diterima secara langsung oleh Kepala Desa Ardirejo, Yuni Asaroh. Beliau menyampaikan bahwa Desa Ardirejo siap menerima dan menyediakan area yang strategis untuk penempatan sudut baca Lentera serta berkomitmen dalam mengelola dan mengembangkan sudut baca Lentera.

Sebelumnya, Desa Ardirejo sudah mempunyai perpustakaan kecil yang berada didekat ruang pelayanan dengan koleksi-koleksi buku yang berasal dari hibah Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan tahun 2018 dan mahasiswa KKN. Namun pengoperasian perpustakaan saat ini sedang terhenti sementara karena adanya renovasi Gedung balai desa.

“Gedung balai Desa Ardirejo saat ini masih dalam proses renovasi Pembangunan, namun untuk Lokasi sudut baca sudah kami siapkan. Nantinya sudut baca akan kami letakkan didepan ruang pelayanan, sehingga Masyarakat dapat memanfaatkannya saat menunggu proses pelayanan dengan membaca buku-buku yang tersedia di sudut baca.” terang Kepala Desa Ardirejo, Yuni Asaroh.