DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN LAMONGAN

Berita

Berita 06 Agustus 2024

VISITASI, MONITORING DAN EVALUASI SUDUT BACA DI KELURAHAN BLIMBING KEC. PACIRAN DAN DESA BRENGKOK KEC. BRONDONG

LAMONGAN - Selasa, 06 Agustus 2024 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan melalui Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan melaksanakan visitasi, monitoring dan evaluasi sudut baca di Kelurahan Blimbing Kecamatan Paciran dan Desa Brengkok Kecamatan Brondong.

Dalam kegiatan ini, tim visitasi dari Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan melakukan pengecekan secara langsung pada Lokasi sudut baca dengan melihat kondisi koleksi bahan Pustaka, sarana prasarana, kelengkapan administrasi sudut baca hingga kegiatan-kegiatan yang melibatkan Masyarakat dalam memanfaatkan sudut baca.

Lokasi pertama yang dilakukan visitasi, monitoring dan evaluasi sudut baca yaitu Kelurahan Blimbing Kecamatan Paciran. Penempatan sudut baca di Kelurahan Blimbing dilaksanakan tahun 2018 dan diletakkan di gedung SPS yang berada satu area dengan Kelurahan Blimbing. Koleksi pada sudut baca Kelurahan Blimbing saat ini sudah cukup berkembang melalui penambahan koleksi yang berasal dari Bidan dan warga sekitar kelurahan, namun untuk kelengkapan administrasinya masih kurang. Ada sekitar 465 koleksi buku dan majalah yang dimiliki Kelurahan Blimbing dalam kondisi baik.

“Banyak penambahan koleksi baru yang diberikan oleh bu Bidan dan warga sekitar. Anak-anak di SPS serta walimurid juga sangat senang membaca dan meminjam buku di sudut baca ini” terang Monika, pengelola sudut baca Kelurahan Blimbing.
Sanusi, Lurah Blimbing menerangkan kedepannya pihak kelurahan akan lebih membantu dalam pengembangan sudut baca, dan akan membantu melengkapi administrasi sudut baca yang sebelumnya belum ada.

Lokasi kedua yaitu Sudut Baca Desa Brengkok Kecamatan Brondong. Penempatan sudut baca di Desa Brengkok dilaksanakan tahun 2019 dan diletakkan di area sekitar pelayanan publik Masyarakat. Kepala Desa Brengkok, Nuriyadi menerangkan bahwa sudut baca di Desa Brengkok saat ini sudah dikembangkan menjadi perpustakaan kecil yang diberi nama “Perpustakaan Demo (Demen Moco). Perpustakaan ini berlokasi didepan ruang pelayanan Desa Brengkok.

Sama halnya dengan kegiatan visitasi, monitoring dan evaluasi sudut baca di Kelurahan Blimbing, tim juga melakukan pengecekan secara langsung kondisi koleksi buku sudut baca, sarana prasarana, kelengkapan administrasi hingga kegiatan-kegiatan yang melibatkan Masyarakat dalam memanfaatkan sudut baca. Pada sudut baca Desa Brengkok, penambahan koleksi buku didapatkan melalui sumbangan dari warga sekitar desa. Selain itu, ada beberapa kegiatan ibu PKK yang melibatkan Masyarakat sekitar dalam pemanfaatan perpustakaan Desa Brengkok.

“Keberadaan sudut baca didalam ruang pelayanan desa Brengkok sangat dimanfaatkan warga sekitar dalam menunggu proses pelayanan agar tidak bosan” terang Nuriyadi, Kepala Desa Brengkok.


#SudutBacaLentera
#binapustakalamongan
#arpusdalamongan
#lamonganmegilan