DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN LAMONGAN

Berita

Berita 31 Juli 2024

WUJUDKAN PERPUSTAKAAN BERSTANDAR: DINAS ARPUSDA GELAR SOSIALISASI AKREDITASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH TAHUN 2024

LAMONGAN - Demi terwujudnya perpustakaan yang memiliki kuallitas pelayanan yang prima dan berstandard, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan menyelenggaran kegiatan Sosialisasi Akreditasi Perpustakaan Sekolah di Aula Cendekia lantai 2 Dinas Keasripan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan, Rabu (31/07).
Kegiatan yang diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari 40 lembaga Pendidikan tingkat SD dan SMP ini dibuka secara langsung oleh Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan, Satriyo Wibowo.
“Akreditasi perpustakaan merupakan hal penting karena perpustakaan sekolah memiliki peran yang strategis dalam mendukung keberhasilan proses belajar mengajar. Maka dari itu, melalui akreditasi perpustakaan diharapkan dapat membangun semangat dan keseriusan serta komitmen dari pihak sekolah untuk mengelola perpustakaan secara prima dan terstandarisasi, sehingga kedepannya akan mendukung siswa dan guru dalam proses belajar mengajar yang lebih nyaman.” terang Satriyo Wibowo.
Dalam laporan panitia yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan, Achmad Karyawanto menyebutkan bahwa maksud kegiatan ini guna terwujudnya perpustakaan sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan di wilayah Kabupaten Lamongan.
Kegiatan sosialisasi yang dipandu oleh para pustakawan pada Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan ini memaparkan secara detail setiap komponen pada instrument akreditasi. Terdapat 9 (Sembilan) komponen penilaian akreditasi perpustkaan yaitu: (1) Komponen koleksi perpustakaan, (2) Komponen sarana dan prasarana perpustakaan, (3) Komponen pelayanan perpustakaan, (4) Komponen tenaga perpustakaan, (5) Komponen penyelenggaraan perpustakaan, (6) Komponen pengelolaan perpustakaan serta komponen penguat yang meliputi, (7) Inovasi dan kreativitas. (8) Tingkat kegemaran membaca dan (9) Indeks pembangunan literasi masyarakat.
Melalui kegiatan sosialisasi akreditasi perpustakaan ini, diharapkan dapat mendorong seluruh perpustakaan di wilayah Kabupaten Lamongan untuk menyelenggarakan kegiatan perpustakaan sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP).