DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN LAMONGAN

Berita

Berita 22 Juli 2024

PEMBINAAN KEARSIPAN DESA DI KECAMATAN KARANGGENENG

LAMONGAN - Pada hari Senin tanggal 22 Juli 2024 telah dilaksanakan kegiatan pembinaan kearsipan di Kecamatan Karanggeneng yaitu desa Kalanganyar dan desa Banjarmadu. Pembinaan kearsipan ini terkait dengan tata kelola kearsipan alur surat masuk dan keluar, tata cara pengelolaan arsip inaktif pada unit kearsipan, serta sosialisasi tentang kode klasifikasi kearsipan.

Perangkat desa terlihat antusias dengan adanya pembinaan pengelolaan kearsipan ini. Terlihat dari banyaknya pertanyaan berkaitan tentang pengelolaan arsip, baik tentang arsip aktif maupun arsip inaktif dan para perangkat desa juga bertanya tentang pengelolaan arsip yang sudah mereka lakukan dalam proses administrasi sehari-hari. Tak hanya tentang pengelolaan arsip, pembinaan kearsipan ini juga menjelaskan tentang betapa pentingnya unit kearsipan bagi suatu instansi karena walaupun arsip telah dikelola dengan baik apabila tidak ada ruangan unit kearsipan dan sarana prasarana kearsipan yang memadai untuk menyimpan dan memelihara arsip maka instansi akan kebingungan dalam penyimpanan dan pemeliharaan arsip yang dimiliki.    

Diharapkan dengan adanya pembinaan kearsipan desa, pengelolaan arsip pemerintahan desa dapat sesuai dengan kaidah kearsipan yang baik dan benar serta berpedoman pada undang-undang dan peraturan pemerintah tentang kearsipan dan desa lebih tertib dan peduli terhadap arsip-arsip yang dimilikinya.