DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN LAMONGAN

Informasi

Informasi 21 Juni 2024

PERINGATAN HARI MUSIK SEDUNIA

Tanggal 21 Juni diperingati sebagai Hari Musik Sedunia. Tujuan dari Hari Musik Sedunia adalah untuk menyediakan platform bagi seniman profesional dan amatir untuk mengekspresikan diri melalui karya mereka, di bawah tagline inspiratif “Faites de la musique”.

Tagline ini diterjemahkan menjadi “Membuat musik.” Hari ini memperingati kekuatan transformatif musik, menyatukan orang-orang dan memupuk rasa kebersamaan dan persatuan.

Konsep Hari Musik Sedunia berasal dari Perancis pada tahun 1981. Ketika Jack Lang,Menteri Kebudayaan Perancis 1981-1986, bersama dengan komposer musik Maurice Fleuret, dan seorang produser radio dan jurnalis musik. Mengusulkan gagasan untuk mendedikasikan satu hari untuk musik.

Fête de la Musique pertama diadakan di Paris pada tahun 1982, dengan lebih dari 1.000 musisi tampil di seluruh kota. Sejak awal, festival ini telah berkembang menjadi fenomena global, dengan sekitar 700 kota di 120 negara merayakan hari tersebut pada tanggal 21 Juni setiap tahunnya.

Hari Musik Sedunia telah menjadi simbol persatuan dan inklusivitas, menyatukan orang-orang melalui bahasa musik universal. Dengan menyediakan platform bagi seniman amatir dan profesional untuk berbagi bakat mereka, Hari Musik Sedunia menandakan kekuatan transformatif musik, mendorong ekspresi diri dan kreativitas.

Slogan “Faites de la musique,” atau “Make music,” Hal ini berfungsi sebagai pengingat akan pentingnya berbagi musik yang bagus dengan orang lain dan dampak besar yang dimilikinya dalam menyatukan orang-orang.