DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN LAMONGAN

Berita

Berita 01 Juni 2024

DINAS ARPUSDA BERI PENGHARGAAN LOMBA TERTIB ARSIP DESA/KELURAHAN TAHUN 2024

LAMONGAN - Demi mewujudkan sadar dan tertib arsip di Kabupaten Lamongan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan menyelenggarakan Lomba Tertib Arsip Desa/Kelurahan Tahun 2024. Sebanyak 27 Desa/Kelurahan dari 27 Kecamatan berpartisipasi dalam kegiatan lomba. Penyelenggaraan lomba dimulai pada bulan Maret hingga bulan Mei 2024. Kegiatan lomba dimulai dengan Rapat Koordinasi yang mengundang 27 desa/kelurahan, dalam Rapat Koordinasi ini para Kepala Desa atau yang mewakili diberi penjelasan tentang pengisian checklist formulir instrumen lomba dan pengisian bukti dukung lomba.

Terdapat 3 (tiga) tahapan penilaian pada lomba tertib arsip desa/kelurahan, yaitu tahap 1 pengiriman checklist dan pengumpulan bukti dukung lomba, tahap 2 verifikasi lapangan terhadap 4 desa/kelurahan terpilih, tahap 3 presentasi tata kelola kearsipan. Dari rangkaian penilaian tersebut menghasilkan juara 1, 2, 3. Adapun juara Lomba Tertib Arsip Desa/Kelurahan Tingkat Kabupaten Lamongan Tahun 2024 diraih oleh Juara 1 Desa Karangrejo Kecamatan Karanggeneng, Juara 2 Desa Sedayulawas Kecamatan Brondong, dan Juara 3 Desa Kebet Kecamatan Lamongan.

Penyerahan penghargaan Lomba Tertib Arsip Desa/Kelurahan Tingkat Kabupaten Lamongan Tahun 2024 diserahkan langsung oleh Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi pada acara Pagelaran Wayang Kulit dalam Rangka Hari Jadi Lamongan ke-455 yang dilaksanakan di halaman Pemda Kabupaten Lamongan pada Sabtu, 1 Juni 2024.

Dengan adanya Lomba Tertib Arsip Desa/Kelurahan Tingkat Kabupaten Lamongan diharapkan Desa/Kelurahan dapat lebih peduli dan memelihara arsip yang diciptakan dan dimilikinya, serta Desa/Kelurahan dapat ikut andil dan menjadi salah satu sumber untuk pelestarian arsip sebagai Memori Kolektif Bangsa.

#SalamArsip
#Sadartertibarsip