DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

DINAS ARPUSDA LANJUTKAN PEMBINAAN TEKNIS PERPUSTAKAAN

LAMONGAN - Senin, 19 Februari 2024 berlokasi di Madrasah Ibtidaiyah Tahdibiyah Desa Gempolpading  Kecamatan Pucuk Kabupaten Lamongan, Tim Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan melaksanakan  visitasi  dan pembinaan perpustakaan.  Kegiatan ini sebagai salah satu tugas pokok dan fungsi Dinas Arpusda sebagai pembina semua jenis perpustakaan di Kabupaten Lamongan sebagaimana Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Perpustakaan. Kegiatan pembinaan ini dimaksudkan untuk mengetahui kondisi di lapangan, perpustakaan pada lembaga pendidikan baik itu swasta maupun negeri dan MI Tahdibiyah khususnya. Tidak hanya itu, Tim juga memberikan sosialisai Norma Standar Prosedur Perpustakaan (NSPK) Sekolah/Madrasah sehingga kedepannya perpustakaan sekolah/madrasah dapat  terselenggara  sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan  (SNP) ungkap Achmad Karyawanto selaku Kabid Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan.

Muhammad Muhdhorun atau biasa dipanggil Pak Mad, selaku Kepala Madrasah menyambut baik dan sangat antusias dengan kegiatan ini. Pak Mad beserta  Kepala Perpustakaan dan pengelola perpustakaan mengikuti acara dari awal hingga akhir.  Ini merupakan ilmu baru bagi kami dan ini sangat mendukung  program Gerakan Literasi Madrasah  (GLS). Pentingnya inventarisasi dalam buku induk agar jumlah buku yang ada terjaga mengingat buku merupakan asset lembaga.  Pengelolaan buku yang baik akan memudahkan temu Kembali bila dibutuhkan, karena selama ini buku yang ada hanya ditata di rak sehingga ketika pengunjung membutuhkan buku tersebut harus mencari dengan melihat satu persatu buku yang ada di rak ujarnya.

Kedepannya, pada libur semester Pak Mad ingin mengirimkan 2-3 orang pegawai yang sudah diberikan SK menjadi pengelola perpustakaan untuk mengikuti kegiatan magang di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan. Waktu tersebut diambil karena pengelola perpustakaan yang ada merangkap sebagai guru, sehingga  tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar. Perpustakaan yang terkelola dengan baik dan benar serta inovatif menjadi daya tarik siswa maupun guru untuk berkunjung ke perpustakaan. Kami menyadari bila saat ini perpustakaan yang ada masih berfungsi sebagai tempat menyimpan buku, semoga kedepannya perpustakaan kami menjadi tempat yang menyenangkan dan informatif bagi pengunjung.