DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

Mengenal Profesi Arsiparis dalam Program Bestari

Siswa-siswi SMA Negeri 1 Kedungpring mengikuti program BESTARI (Bangun Literasi Untuk Anak Negeri) di Aula Cendekia Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan pada Rabu (13/12/23).

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Rara Ari Palupiningrum selaku kepala bidang Layanan dan Pengelolaan Bahan Perpustakaan. Siswa-siswi kemudian diajak safari Perpustakaan dengan memperkenalkan koleksi dan ruang yang ada di perpustakaan. Kegiatan Safari Perpustakaan ini dipandu oleh Kak Lulus.

Selanjutnya siswa memilih buku yang akan dibaca di ruang baca. Siswa diberi waktu untuk membaca dan menjelaskan terkait isi buku yang telah dibaca. Dalam kegiatan ini dipandu oleh Kak Luluk dan Kak Hanafi. Siswa tidak hanya membaca buku tapi siswa diajak untuk belajar Pengembangan Diri dan Ruang Lingkup Perkuliahan. Kak Hanafi menjelaskan bagaimana cara untuk memilih kampus kuliah.

Materi dilanjut oleh Kak Agus mengenalkan profesi kearsipan dan dasar-dasar ilmu kearsipan. Siswa-siswi sangat antusias dalam mengikuti setiap materi yang diberikan, ada beberapa siswa yang bertanya bagaimana cara menjadi Arsiparis dan cara penyimpanan arsip.

Setelah itu siswa menonton film pendek berjudul Menoreh Kuning yg menanamkan pentingnya melestarikan durian varietas Menoreh Kuning dari sudut pandang wisata dan budaya. Selain itu, film tersebut menanamkan nilai moril akan pentingnya rasa sabar dalam suatu proses guna menuai hasil yang positif.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian hadiah bagi 3 peyg mengulas materi kegiatan dan inti film, serta ditutup dengan foto bersama.